Karena Ini, WHO Optimis Covid-19 Selesai Sebelum 2 Tahun

Karena Ini, WHO Optimis Covid-19 Selesai Sebelum 2 Tahun
Bebas Masker Corona, Pemudik Sragen Dikenai Sanksi Denda Karena Tidak Pakai Masker Tunggal

Solopos.com, JAKARTA – Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan pandemi Covid-19 sebenarnya akan berakhir dalam waktu kurang dari dua tahun. Pernyataan ini menjawab mereka yang mempertanyakan apakah Covid-19 akan sekuat flu Spanyol pada 1918.

Keamanan Pemilih Terancam Covid-19, DPD Tolak Pilkada 9 Desember

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan saat ini masyarakat global lebih beruntung dari generasi sebelumnya. "Kami kurang beruntung dalam hal globalisasi, keterhubungan, kedekatan. Tapi kami punya keunggulan teknologi yang lebih baik, jadi kami berharap pandemi ini bisa lewat dalam waktu kurang dari dua tahun," katanya kepada wartawan. (22/8).

“Dengan kemampuan memanfaatkan peralatan semaksimal mungkin dan harapan kita bisa mendapatkan peralatan tambahan seperti vaksin, saya kira kita bisa mengakhiri pandemi ini dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan pandemi flu 1918,” ujarnya.

Namun, di Eropa sejumlah negara masih berkutat menghadapi penambahan kasus penularan baru.

Karanganyar Covid-19 Red Zone, Rencana Sekolah Dibuka September Dibatalkan

Analisis COVID-19 WHO

Eropa Barat mengalami wabah Covid-19 dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam beberapa bulan terakhir, terutama di Jerman, Prancis, Spanyol, dan Italia. Hal ini telah menimbulkan kekhawatiran akan gelombang kedua pandemi.

Di ibu kota Madrid, Spanyol, pemerintah mengimbau warga di lokasi terparah untuk tinggal di rumah guna mencegah penyebaran virus corona. Spanyol mencatat 8.000 kasus baru dalam 24 jam.

Prancis juga melaporkan lebih dari 4.000 kasus baru dalam dua hari berturut-turut. Angka itu belum pernah terjadi sebelumnya sejak Mei. Daerah di sekitar Paris telah menjadi lokasi terburuk untuk paparan Covid-19.

Solo Tambah 306 Kasus Positif Virus Corona dalam 45 Hari, 9 Orang Meninggal

WHO menyarankan anak-anak di atas 12 tahun untuk memakai masker seperti orang dewasa untuk mengurangi penyebaran virus.

Baca:  Perkembangan Anak Usia 16 Tahun, Bagaimana Tahapan yang Sesuai?

Dengan tidak adanya vaksin, tindakan yang paling dapat diambil pemerintah adalah menerapkan aturan jarak sosial.

Pasalnya, WHO Optimis Covid-19 tamat sebelum 2 tahun muncul pertama kali di Solopos.com.