Apa Benar Punya Gigi Sensitif dan Ngilu Berarti Tidak Boleh Makan Manis Sama Sekali?

Seseorang dengan gigi sensitif akan merasakan sakit setiap kali mengkonsumsinya jenis makanan atau minuman tertentu, termasuk makanan manis. Jadi, apakah orang dengan gigi sensitif dan sering sakit harus benar-benar menghindari makanan dan minuman manis? Adakah pengecualian atau cara untuk meredakan nyeri agar Anda tetap bisa menikmati makanan jenis ini?

Pasalnya makanan manis memicu gigi sensitif dan sakit

mengidam makanan manis

Biasanya gigi sensitif disebabkan oleh terbukanya lapisan kedua gigi, yaitu dentin. Struktur dentin itu sendiri lebih lembut dari enamel (lapisan keras berwarna putih yang melapisi dan melindungi bagian dentin dari mahkota gigi) dan memiliki lubang kecil berisi cairan yang langsung terhubung ke saraf gigi.

Saat ada rangsangan yang masuk ke mulut (makanan atau minuman), hal ini akan langsung diteruskan ke saraf yang menyebabkan gigi sakit.

Di pasien dengan gigi sensitif memang makanan manis sangat berpengaruh dan bikin sakit gigi, bahkan makin parah. Makanan manis menyebabkan penurunan pH di mulut sehingga kondisi di dalam mulut menjadi asam.

Apabila keadaan ini berulang maka akan menyebabkan terjadinya demineralisasi atau pengurangan mineral pada lapisan gigi yang selanjutnya akan melanjutkan proses tersebut. rongga.

Oleh karena itu, bagi penderita gigi sensitif disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan asam manis karena dapat merusak lapisan enamel gigi.

Jenis makanan dan minuman lain yang perlu dihindari

Selain itu, dikutip dari Asosiasi Gigi Amerika, berikut beberapa makanan yang bisa merusak gigi:

  • Es batu. Kebiasaan mengunyah es batu dapat merusak enamel sehingga gigi menjadi sensitif dan sering sakit. Anda perlu menghentikan kebiasaan ini.
  • Kopi plus gula. Kandungan kafein pada kopi atau teh dapat mengeringkan mulut dan dalam jangka panjang dapat menodai gigi. Apalagi jika Anda menambahkan gula, dampak buruknya pada gigi Anda semakin meningkat. Dianjurkan untuk minum kopi dalam jumlah sedang.
  • Makanan bertepung. Contohnya adalah snack keripik kentang yang mengandung pati yang mudah menempel di sela-sela gigi dan tidak mudah dicabut.
  • Minuman beralkohol. Alkohol dapat menurunkan kadar air liur di mulut dan ini dapat menyebabkan kerusakan gigi dan infeksi mulut lainnya seperti penyakit gusi.
  • Minuman ringan atau bersoda. Gula merupakan bahan utama dalam minuman jenis ini, sehingga Anda perlu menghindari atau menghentikan minuman jenis ini.

Tips melindungi gigi sensitif dan pegal-pegal agar tetap nyaman saat makan

kecanduan makanan manis

Kapanpun Anda memiliki masalah dengan gigi Anda, Anda akan didorong untuk melakukannya segera temui dokter untuk menerima pemeriksaan yang tepat dan rekomendasi pengobatan yang tepat.

Anda juga disarankan untuk mengambil langkah-langkah pencegahan sakit gigi dan gigi sensitif agar tidak sering kambuh. Rutin dan disiplin dalam menjaga kebersihan gigi merupakan modal utama untuk mencegah gigi sensitif menjadi parah.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Anda dapat melindungi gigi Anda dengan mulai beralih ke pasta khusus yang diformulasikan untuk gigi sensitif. Pasta gigi jenis ini berbeda dengan pasta gigi lainnya karena memiliki kandungan yang dapat mencegah rangsangan yang memicu atau menimbulkan rasa sakit hingga mencapai jaringan saraf pada gigi.
  • Minum banyak air
  • Tindak lanjuti dengan penggunaan pasta gigi sensitif dengan menggosok gigi minimal dua kali sehari menggunakan sikat yang lembut. Lakukan perlahan juga.
  • Bersihkan sela-sela gigi dengan benang atau dengan cara melakukannya flossing.
  • Jangan lupa jadwalkan kunjungan rutin ke dokter gigi.

Gigi sensitif dan sakit gigi merupakan masalah kesehatan yang cukup sering dialami masyarakat akibat kebiasaan buruk seperti tidak menjaga kebersihan dan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang dapat merusak gigi. Mulailah mengubah gaya hidup Anda dan pertimbangkan untuk menggunakan pasta gigi sensitif jika sakit Anda kambuh.

Postingan Benarkah Memiliki Gigi Sensitif dan Sakit Berarti Anda Tidak Bisa Makan Manis Sama Sekali? muncul pertama kali di Hello Sehat.

Baca:  Cegukan Terus Menerus, Apa Penyebab dan Bagaimana Menghentikannya?