Jarang Disadari, Ini 5 Tanda Kamu Terjebak Hubungan Sepihak

Jarang Disadari, Ini 5 Tanda Kamu Terjebak Hubungan Sepihak

Membangun hubungan romantis tentunya membutuhkan usaha dari kedua belah pihak. Jika hanya salah satu dari mereka yang bergumul, maka bisa dikatakan hubungan tersebut tidak sehat. Sayangnya, entah kenapa, masih banyak hubungan yang tidak seimbang seperti itu.

Yuk, coba simak 5 tanda berikut yang menandakan bahwa kamu sebenarnya hanya berusaha untuk menyendiri alias terjebak dalam hubungan satu pihak!

1. Sering merasa bersalah dan berkewajiban untuk meminta maaf

Jarang disadari, ini 5 tanda Anda terjebak dalam hubungan sepihak

Ketika Anda melakukan hal-hal yang sebenarnya wajar, tetapi kemudian Anda merasa bersalah, apakah Anda benar-benar yakin dengan hubungan Anda? Seperti mengungkapkan opini berlawanan dengan pasangan, atau mencoba mengekspresikan emosi Anda yang sebenarnya.

Jika Anda terus merasa bersalah, jelaslah bahwa hubungan Anda hanya sepihak dan tentunya tidak sehat. Apalagi jika pasangan Anda juga bersikap seolah-olah apa yang Anda lakukan adalah kesalahan besar. Mitra yang seimbang tidak akan memperlakukan satu sama lain seperti itu.

2. Selalu merasa takut bahwa Anda akan menyakiti pasangan Anda

Jarang disadari, ini 5 tanda Anda terjebak dalam hubungan sepihak

Pertengkaran dalam porsi yang wajar adalah tanda bahwa hubungan Anda sehat. Harmonisasi dalam hubungan juga akan diuji melalui argumen dan pertengkaran kecil. Namun, jika Anda selalu merasa cemas atau takut akan melukai perasaan pasangan Anda dalam segala kondisi, coba pikirkan kembali alasannya.

Selingkuh bukan berarti tidak akan pernah saling menyakiti. Kalian berdua sama-sama manusia yang tidak sempurna, jadi jangan terlalu banyak mengorbankan perasaan kalian sendiri karena itu tidak sehat.

3. Khawatir menjadi diri sendiri di depan pasangan Anda

Jarang disadari, ini 5 tanda Anda terjebak dalam hubungan sepihak

Saat hubungan sudah memasuki tahap serius, kamu pasti ingin pasangan kamu saat ini menjadi orang terakhir yang benar-benar akan menemani sisa hidupmu? Namun, Anda tetap takut atau khawatir untuk menjadi diri sendiri di hadapannya. Sekarang itu berarti ada yang salah dalam hubungan Anda.

Baca:  Zac Efron Punya Pacar Baru, Siapa Sebenarnya Vanessa Valladares?

Jika Anda pernah merasa rentan atau sedih tentang sesuatu, tetapi tidak dapat mengungkapkannya dengan bebas di depan pasangan, coba pikirkan kembali mengapa Anda merasa seperti itu. Ingatlah bahwa cinta sejati harus bisa menerima pasangannya apa adanya.

4. Tidak bisa berhenti meragukan diri sendiri

Jarang disadari, ini 5 tanda Anda terjebak dalam hubungan sepihak

Jika Anda menjalin hubungan dengan seseorang yang sering membuat Anda bertanya-tanya apakah Anda cantik, atau apakah Anda pintar atau cukup lucu, sepertinya Anda juga perlu memikirkan kembali hubungan Anda. Anda tidak selalu harus memenuhi harapan pasangan Anda.

Jika mereka tidak puas dengan siapa Anda sekarang, maka itu bukan masalah Anda. Cinta sejati tidak akan pernah membuat Anda meragukan diri sendiri, sebaliknya Anda harus bisa lebih mencintai dan menghargai diri sendiri apa adanya.

5. Selalu berinisiatif membuat rencana untuk Anda berdua

Jarang disadari, ini 5 tanda Anda terjebak dalam hubungan sepihak

Anda seharusnya bukan satu-satunya yang mencoba membuat rencana. Baik itu rencana kencan, liburan, atau menabung untuk masa depan Anda. Bahkan ketika Anda merasa stres memikirkan rencana itu, Anda juga cemas karena takut pasangan Anda tidak puas dengan rencana yang telah Anda buat.

Di sisi lain, pasangan Anda hanya bersikap cuek dan hanya ingin menerimanya. Hal ini jelas keliru karena Anda juga berhak untuk dimanja dan bahagia oleh pasangan Anda seperti yang Anda lakukan padanya.

Itulah lima hal yang mengindikasikan bahwa Anda mungkin saja terjebak dalam hubungan satu pihak. Solusi awal adalah berkomunikasi dengan pasangan Anda terlebih dahulu. Jika tidak menemukan solusi yang memuaskan kedua belah pihak, lebih baik diakhiri saja. Kamu layak mendapatkan yang lebih baik.

Disclaimer: Artikel ini telah dimuat di halaman IDN Times dengan judul "5 Tanda Anda Terjebak dalam Hubungan Satu Pihak, Yakin Bertahan?"