Gaji Kecil? Ini Dia Tips Mengatur Keuangan Saat Pandemi Ma!

Gaji Kecil? Ini Dia Tips Mengatur Keuangan Saat Pandemi Ma!

Pandemi Covid-19 telah menimbulkan kesulitan ekonomi bagi beberapa keluarga di Indonesia, bahkan ada pula yang di-PHK oleh perusahaan yang bingung harus membayar karyawan ke mana. Beberapa dari mereka masih bekerja dan berada di rumah, namun telah terjadi pemotongan gaji sebesar 50% dan setengah dari gaji sebelumnya. Inilah yang membuat Mampaps harus bisa mengelola keuangan saat terjadi pandemi dengan sebaik-baiknya.

Pengeluaran Melambung di Saat Pandemi dengan Upah Rendah

Sumber gambar: www.usnews.com

Mau tidak mau, saat pandemi pengeluarannya membumbung tinggi, Mampaps! Mengapa? Saat berada di rumah, biasanya keinginan berbelanja ini juga meningkat, ditambah diskon dan promo menarik dari beberapa pasar yang menggiurkan dan bikin belanja Mampaps deh! Jadi jangan heran kalau punya paket atau ojek on line sering menelepon! Ayo, siapa Mampaps ini?

Baca Juga: Selamat! Ini pertanda keuangan rumah tangga stabil saat terjadi pandemi

Nah, dalam mengatur keuangan saat terjadi pandemi, sebenarnya pengeluaran semacam inilah yang harus dikurangi agar tidak ada pemborosan. Dan apa yang terjadi? Mampaps menjadi bingung, simpanan yang seharusnya terkumpul semakin menipis, bahkan mungkin ada yang habis. Wow … Jangan biarkan ini terjadi!

Yuk, coba mulai dari sekarang untuk mengatur keuangan saat pandemi baik mulai hari ini! Bagaimana caranya? Baca terus artikel ini.

Tips Mengelola Keuangan dengan Gaji Kecil

Sumber gambar: dnaindia.com

Gaji kecil tidak bisa kita hindari dalam kondisi saat ini, namun kita bisa merubah keuangan kita saat terjadi pandemi dengan bijak dan yah, tentunya Mampaps! Nah, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengatur keuangan saat pandemi dengan gaji kecil, di antaranya:

Menghitung Semua Pendapatan Bulanan

Mengelola keuangan saat terjadi pandemi dengan gaji kecil, hal pertama yang harus dilakukan adalah menghitung hasil pendapatan Mampaps setiap bulannya. Hal ini berguna untuk mengetahui besarnya dana yang dapat dialokasikan untuk kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Dengan cara ini Mampaps sudah tahu bagaimana mengalokasikan dana yang tepat.

Catat Dana Prioritas Setiap Bulan

Ayo, coba catat dan sisihkan dana prioritas setiap bulan seperti makan dan minum, sewa, utang, listrik dan air, transportasi, paket internet, dan dana prioritas lainnya. Mampaps bisa menyisihkan dana prioritas ini ke dalam amplop, agar mereka tahu di mana pendapatan bulanan harus disimpan. Dengan cara ini, tentunya Mampaps bisa lebih baik lagi dalam mengelola keuangan saat terjadi pandemi.

Baca Juga: Tips Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Sisihkan Dana Darurat

Menyisihkan dana darurat sangatlah penting, Mampaps, apalagi pada kondisi seperti ini. Dana darurat berguna untuk menabung Mampaps jika terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti jatuh sakit dan diberhentikan dari perusahaan tempatnya bekerja. Nah, dana ini bisa membantu nanti. Disarankan, dana darurat ini bisa dihemat 5 kali lipat atau lebih dari pendapatan Mampaps setiap bulannya jika Anda belum punya anak. Nah buat yang udah punya anak lebih baik hemat 10 kali lipat bahkan lebih dari pendapat Mampaps sebulan.

Baca:  Hentikan Pemakaian Skincare-mu Jika Mengalami 7 Hal Ini!

Ayo, hemat!

Saat ini banyak cara untuk menghemat uang, salah satunya dengan berinvestasi baik melalui asuransi, tanah, bangunan, maupun emas. Nah, Bisakah Mampaps menyisihkan 25-30% penghasilan bulanan Anda agar bisa menabung untuk masa depan tentunya.

Jangan tergiur dengan kartu kredit

Memang kartu kredit memudahkan kita untuk membayar ini-itu, tapi godaan kartu kredit cukup banyak. Apalagi godaan diskon, diskon uang kembali untuk berbelanja dimana-mana. Ayo ingat kita harus hemat dan bisa bijak mengatur keuangan tanpa menggunakan kartu kredit.

Pertahankan Rasio Hutang

Dalam kehidupan pernikahan, hutang adalah hal yang lumrah dan tentunya harus dibayar! Nah, yang tidak biasa jika jumlah utang Mampaps melebihi 30% dari pendapatan utama. Mengapa? Jika lebih dari 30%, uang bulanan Mampaps bisa digunakan hanya untuk melunasi hutang. Dan draf dana yang sudah disiapkan hanyalah angan-angan. Begitu, mari bijak mengatur keuangan saat pandemi mulai sekarang.

Menghindari Pengeluaran Rumah Tangga yang Tidak Terduga

sumber gambar: investmentexecutive.com

Lalu, bagaimana cara menghindari pengeluaran rumah tangga yang tidak terduga setiap bulannya? Nah, jawabannya adalah kebutuhan Mampaps perencanaan keuangan bulanan. Setiap bulan Mampaps dapat melakukan hal berikut:

  • Rencanakan belanja bulanan
  • Kurangi makan di luar rumah
  • Jangan tergiur dengan promo pasar
  • Gunakan lebih sedikit kendaraan pribadi

Pokoknya jangan lapar mata ya, kalau ada sisa uang untuk kebutuhan sekunder dan tersier lebih baik disimpan dulu. Dengan begitu mengelola keuangan saat pandemi dengan gaji kecil tetap bisa dilakukan dengan arif dan baik. Bila diperlukan, Mampaps juga bisa mencari pekerjaan sampingan untuk memenuhi kebutuhan setiap bulan.

Bsca Juga: Penting! Inilah 7 Persiapan Finansial Sebelum Menikah

Nah, selama pandemi ini, lebih baik jika Mampaps tetap ada tinggal Cuma di rumah jangan jalan-jalan dulu! Tentu hal ini berguna untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Tetap semangat Mampaps semoga pandemi ini segera berlalu dan perekonomian keluarga kembali normal.

Pos Gaji Kecil? Berikut Tips Mengelola Keuangan Saat Pandemi Ma! muncul pertama kali di Mamapapa.id.