Cara Mengatasi Dahak yang Mengganggu dan Tak Kunjung Hilang

Kondisi dahak berlebih di saluran udara bisa sangat mengganggu. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan dahak secara efektif baik dengan pengencer dahak, terapi pernapasan, pengobatan alami atau pengobatan rumahan. Pengobatan ini dilakukan sebagai cara untuk menghilangkan penumpukan dahak sekaligus mengontrol produksi dahak di saluran udara.

Cara menghilangkan dahak dengan teknik batuk dan pernapasan

Dahak sebenarnya berfungsi untuk melembabkan, membersihkan, dan melindungi organ dalam sistem pernafasan dari zat asing yang mengiritasi. Namun, gangguan pada paru-paru, seperti pneumonia, bronkitis, atau penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dapat menyebabkan produksi dahak berlebih.

Akibatnya, dahak menumpuk, menyebabkan rasa tersumbat, dan mengganggu pernapasan. Saat produksi dahak meningkat, tubuh biasanya berusaha mengeluarkan dahak melalui mekanisme batuk. Kondisi ini menyebabkan batuk berdahak.

Nah, jika Anda sering merasa kesal dengan dahak yang menumpuk di tenggorokan, Anda bisa mencoba berbagai cara untuk menghilangkan dahak.

Kendalikan batuk

Batuk juga memiliki teknik tersendiri agar dahak bisa dikeluarkan dengan mudah. Teknik ini melibatkan penggerak otot dada dan perut. Ada dua teknik batuk yang bisa Anda coba, yaitu:

  • Batuk dalam-dalam
    Pertama-tama, duduklah di kursi dengan kaki menyentuh lantai. Lipat lengan Anda di depan Anda sehingga Anda menekan perut dan menarik napas dalam-dalam. Dengan tangan terikat dan perut ditekan, batuk keras sampai dahak keluar dari tenggorokan.
  • Batuk keras
    Cara menghilangkan dahak dengan teknik batuk kuat diawali dengan menarik napas hingga memenuhi paru-paru. Kencangkan otot perut, buang napas dengan membuka mulut sambil mengucapkan "ha". Buang napas tiga kali dengan cara yang sama.

Batuk Terus Bikin Anda Lelah, Pelajari Teknik Batuk Efektif Ini!

Bernafas dalam-dalam

Selain teknik batuk, teknik pernapasan juga bisa digunakan sebagai cara efektif untuk menghilangkan dahak. Lakukan latihan pernapasan dalam dengan menghirup udara lebih lama sampai paru-paru Anda mengembang. Setelah itu, buang napas lagi hingga paru-paru kembali mengempis.

Teknik pernapasan ini membantu membersihkan paru-paru dari lendir yang membuat udara terus bergerak di saluran udara.

Cara menghilangkan dahak secara alami

Pengobatan rumahan untuk batuk kronis

Bahan alami juga bisa menjadi cara ampuh untuk menghilangkan dahak. Ada beberapa bahan alami yang bisa Anda temukan di rumah yang bisa membantu mengencerkan dahak.

Berikut pengencer dahak alami:

1. Minuman hangat

Perbanyak konsumsi cairan hangat saat mengalami batuk berdahak. Minuman hangat, seperti air hangat, sup kaldu tulang, dan teh dapat membantu mengencerkan dahak sekaligus memberikan sensasi yang menenangkan.

Selain itu, berkumur dengan air garam hangat beberapa kali juga bisa membantu melarutkan dahak yang menggumpal di sekitar tenggorokan.

2. Bawang

Bawang termasuk pengencer dahak alami karena dianggap bekerja seperti ekspektoran (mengencerkan dahak).

Bumbu masak ini sebenarnya mengandung senyawa anti inflamasi yang bisa merangsang Anda untuk batuk dan mengeluarkan dahak.

Anda bisa menambahkan bawang cincang ke dalam sup kaldu hangat dengan tambahan sumber protein seperti ayam atau daging.

3. Madu

Tidak hanya rasanya yang enak, Anda juga bisa menggunakan madu untuk mengatasi dahak berlebih di tenggorokan. Madu terbukti efektif meredakan gejala batuk dan sakit tenggorokan yang dialami anak jika dikonsumsi secara teratur. Madu telah berhasil mempercepat penyembuhan peradangan dan menghilangkan dahak.

Jika dahak sangat mengganggu, Anda bisa mencoba mencampurkan madu ke dalam teh hangat. Campur juga jus lemon untuk rasa yang lebih segar. Namun, jangan berikan madu sebagai pengencer dahak kepada anak di bawah usia satu tahun. Hal ini dapat membuat anak Anda berisiko terkena botulisme.

4. Jahe

Pengencer dahak alami ini tentunya sangat mudah didapatkan. Selain sebagai bumbu dasar dalam masakan, jahe sering digunakan sebagai pengobatan alternatif yang efektif mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti perut kembung dan mual.

Cara menghilangkan dahak dengan menggunakan jahe bisa dilakukan dengan menambahkan potongan jahe pada minuman hangat seperti teh, susu, atau air hangat.

5. Daun mint

Rasa daun daun mint yang kuat bisa membuat tenggorokan Anda lebih mudah. Menurut studi di jurnal ThoraxDaun mint mengandung mentol yang memiliki fungsi untuk mengurangi produksi dahak dan mencairkan dahak yang menggumpal.

Untuk menggunakan daun mint sebagai pengencer dahak alami, Anda bisa memasukkannya ke dalam teh hangat dan meminumnya saat Anda merasa dahak tersangkut di tenggorokan.

6. Lobak

Lobak adalah sejenis sayuran yang dipercaya dapat membantu membebaskan tenggorokan dari penumpukan dahak. Selain itu, lobak juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan, menambah nafsu makan, serta membantu menyembuhkan Anda dari masuk angin dan batuk.

Bahan makanan ini bekerja dengan cara merangsang sistem kekebalan agar lebih kuat melawan bakteri dan virus yang menginfeksi. Seperti halnya bawang bombay, lobak dapat diolah menjadi pengencer dahak alami tambahkan lobak ke sup hangat.

Baca:  Begin with the End in Mind: Ingin Dikenang Sebagai Ibu yang Seperti Apa?

7. Gunakan humidifier

Gunakan pelembab untuk meningkatkan kelembapan dalam ruangan serta membersihkan udara dari debu, polusi, dan kuman. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari hal-hal yang bisa memperparah iritasi pada saluran napas agar dahak tidak menumpuk.

Pilihan pengencer dahak dan obat lain

Obat batuk

Penggunaan obat-obatan medis, seperti obat batuk non resep dan terapi paru untuk pernafasan dapat menjadi pilihan pengobatan medis untuk menghilangkan dahak yang mengganggu.

Obat pengencer dahak

Ada dua jenis obat pengencer dahak yang umum dikonsumsi yaitu:

  1. Ekspektoran
  2. Mucolitik

Salah satu jenis obat batuk bebas ekspektoran adalah pengencer dahak yang umum dikonsumsi.

Ekspektoran (guaifenesin) adalah pengencer dahak yang bisa dibeli tanpa resep (OTC). Obat ini bekerja dengan cara mengencerkan dahak yang kental dan menggumpal sehingga lebih mudah keluar saat batuk.

Selain itu, obat pengencer dahak ini juga menghambat produksi protein penghasil dahak sehingga dapat menurunkan jumlah dahak secara signifikan.

Sementara itu, mukolitik (bromhexine) adalah obat batuk yang umum, namun diperlukan resep dokter untuk mendapatkannya. Mukolitik bekerja dengan cara memutus ikatan kimia dalam dahak sehingga tekstur dahak menjadi lebih cair dan mudah dikeluarkan dengan cara batuk.

Terapi paru-paru

Terapi paru-paru (fisioterapi dada) Menggunakan alat medis mungkin diperlukan bila kondisi dahak yang berlebih membuat Anda sangat sulit bernapas secara normal. Dalam pengobatan terapi dada, biasanya digunakan alat yang dapat mengangkat dahak yang tersumbat keluar dari saluran napas.

Perawatan ini bisa dilakukan di rumah sakit di bawah pengawasan terapis. Selama terapi, Anda mungkin juga diajari teknik batuk dan pernapasan tertentu sebagai cara efektif untuk menghilangkan dahak.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan terapi dada di rumah dengan menggunakan nebulizer. Akan lebih baik jika terapi untuk menghilangkan dahak dilakukan secara rutin setiap minggu hingga kondisi kesehatan Anda membaik dan pernapasan kembali lancar.

Cara Cepat Meredakan dan Menyembuhkan Batuk yang Perlu Diketahui

Selain menggunakan berbagai cara di atas untuk menghilangkan dahak, Anda juga harus tetap istirahat. Apalagi batuk kadang bikin capek. Beristirahat akan membantu tubuh Anda pulih lebih cepat. Jika dahak disertai batuk yang tidak kunjung sembuh, segera temui dokter untuk mengetahui penyebab batuk Anda.

Postingan Cara Mengatasi Dahak yang Mengganggu dan Tidak Menghilang pertama kali muncul di Hello Sehat.