Ini Bedanya Obat yang Diminum Sebelum dan Setelah Makan

Obat dan makanan memiliki hubungan khusus. Tak heran, bila Anda diberi obat oleh dokter, dokter pasti akan menyarankan Anda untuk mengonsumsi obat tersebut sebelum atau sesudah makan. Ini tergantung pada jenis obat yang Anda minum. Sebenarnya apa yang membuat aturan minum obat seperti itu?

Obat akan berinteraksi dengan makanan

Obat dan makanan sama-sama masuk ke sistem pencernaan Anda. Saat Anda makan, organ dan jaringan di dalam tubuh akan menjalankan fungsinya untuk mengolah makanan Anda di saluran pencernaan. Lebih banyak aliran darah akan mengalir ke organ-organ yang bekerja untuk memecah makanan, empedu dilepaskan oleh hati, dan sel-sel di dinding lambung melepaskan asam lambung untuk memecah makanan. Lalu ada proses tubuh mencerna makanan ini yang bisa mendukung dan juga menghambat kerja obat.

Jadi, penting bagi Anda untuk mengikuti petunjuk saat ingin minum obat. Obat dan makanan bisa bereaksi. Untuk menghindari reaksi obat dan makanan, Anda harus:

  • Ikuti petunjuk dokter Anda tentang cara minum obat yang harus Anda minum
  • Periksa instruksi penggunaan pada kemasan obat
  • Ikuti aturan harus menghindari makanan atau minuman tertentu (jika ada)
  • Minum obat pada waktu yang sama setiap hari
  • Minum obat dengan segelas air

Mengapa ada aturan minum obat setelah makan?

Aturan minum obat dengan makanan atau setelah makan artinya harus minum obat dalam waktu 30 menit setelah makan. Beberapa obat (misalnya, aspirin dan metformin) harus diminum setelah makan untuk mengurangi efek samping. Obat lain harus diminum setelah makan karena obat bekerja lebih baik jika dicerna bersama makanan.

Beberapa alasan mengapa banyak obat harus diminum setelah makan adalah:

  • Mengurangi efek samping. Beberapa obat memiliki efek samping, seperti mual dan muntah. Makanya, lebih baik minum obat ini setelah makan untuk mengurangi efek samping. Contoh obat ini adalah bromocriptine, allopurinol, dan madopar. Ada juga obat lain yang harus diminum setelah makan karena memiliki efek samping iritasi lambung, gangguan pencernaan, dan peradangan atau tukak lambung. Obat-obatan ini adalah aspirin, ibuprofen (atau obat antiinflamasi non steroid (NSAID)), dan obat steroid.
  • Mendukung aksi obat. Misalnya, obat antasid digunakan untuk mencegah maag, refluks, dan gangguan pencernaan. Nyeri ini terjadi karena asam lambung diproduksi saat makanan masuk ke perut Anda. Oleh karena itu, makan sebelum minum obat merupakan cara yang efektif.
  • Pastikan obat diserap tubuh dan tidak terbuang percuma. Makan setelah minum obat dapat menyebabkan beberapa obat cepat keluar dari tubuh. Beberapa obat tersebut, seperti obat kumur, nistatin cair, dan gel mikonazol untuk sariawan atau bisul.
  • Memastikan obat tersebut terserap dalam aliran darah. Beberapa obat membutuhkan makanan di perut dan usus untuk penyerapan obat yang tepat. Beberapa contoh obat ini adalah obat HIV.
  • Membantu tubuh mencerna makanan. Obat diabetes biasanya harus diminum setelah makan untuk membantu tubuh menurunkan kadar gula darah setelah makan, dan juga untuk mencegah hipoglikemia (gula darah rendah).
Baca:  Apa Benar Punya Gigi Sensitif dan Ngilu Berarti Tidak Boleh Makan Manis Sama Sekali?

Mengapa ada aturan minum obat sebelum makan?

Beberapa obat juga memiliki aturan untuk diminum sebelum makan, saat perut masih kosong. Tentu, ini bukannya tanpa tujuan. Beberapa obat harus diminum sebelum makan dengan alasan, seperti:

  • Makanan bisa menghambat kerja obat. Beberapa obat dapat dihambat jika ada makanan karena obat memiliki cara yang sama makanan dicerna oleh tubuh. Makanan juga dapat menyebabkan beberapa obat rusak terlalu cepat sebelum diserap ke dalam aliran darah.
  • Makanan dapat meningkatkan penyerapan obat. Obat-obatan tertentu dapat diserap lebih banyak saat Anda memiliki makanan di tubuh Anda. Hal ini pada gilirannya meningkatkan risiko efek samping obat yang mungkin Anda alami.
  • Tingkatkan keefektifan obat. Beberapa obat mungkin bekerja lebih baik saat perut Anda kosong. Biasanya obat ini adalah obat yang bekerja langsung di perut Anda.

Postingan Berikut Perbedaan Obat yang Diminum Sebelum dan Sesudah Makan ini muncul pertama kali di Hello Sehat.