Hari Ini Dalam Sejarah: 12 November 1946, Perundingan Linggarjati Dimulai

Hari Ini Dalam Sejarah: 12 November 1946, Perundingan Linggarjati Dimulai
Negosiasi Linggarjati

Solopos.com, SOLO – Perundingan Linggarjati antara Indonesia dan Belanda di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat (Jabar) dimulai pada tanggal 11 November 1946.

Dilihat dari Perundingan Linggarjati merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 11 November lalu.

Selain Perundingan Linggarjati, masih banyak peristiwa sejarah pada 11 November yang terangkum dalam Today In History dihimpun. Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1673

Pasukan Polandia-Lituania mengalahkan pasukan Kekaisaran Ottoman di Khotyn, Ukraina. Dalam pertempuran ini, pasukan Kesultanan Utsmaniyah kehilangan 30.000 pasukan sedangkan pasukan Polandia-Lituania yang tewas tidak mencapai 10.000.

1918

Perwira tinggi militer Jerman, Jozef Pilsudski, mendeklarasikan kemerdekaan Polandia dan mengklaim sebagai pemimpin dan panglima tertinggi Polandia. Hingga saat ini, 11 November diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Polandia.

1918

Sekutu dan Jerman menandatangani perjanjian gencatan senjata di gerbong kereta di hutan Compiegne, Prancis. Gencatan senjata mengakhiri Perang Dunia I. Perjanjian tersebut juga menandai kemenangan Sekutu dan kekalahan mutlak Jerman, meskipun gencatan senjata bukanlah pernyataan penyerahan diri.

1931

Jepang mengirim pasukan tambahan di Manchuria, Cina. Pihak Tiongkok yang berang, kemudian mengancam akan mengerahkan pasukan lebih banyak daripada Jepang untuk membela Manchuria jika Liga Bangsa-Bangsa (LBB) tidak mampu menyelesaikan konflik antara Jepang dan Tiongkok di kawasan itu.

1940

Pertempuran antara pasukan Italia dan Inggris meletus di Taranto, Italia. Pertempuran itu berlangsung dua hari dan berakhir dengan kemenangan Jerman. Dalam pertempuran itu, Inggris meluncurkan pesawat tempur dari kapal induk untuk membombardir pasukan Italia.

1942

Pasukan Jerman menyerang daerah bebas perang di Case Anton, Prancis. Beberapa wilayah kemudian dikuasai oleh Jerman hingga akhir Perang Dunia II.

Baca:  Balita Dicat Silver, Eksploitasi Anak Ini Bikin Miris!

1946

Perundingan Linggarjati antara Indonesia dan Belanda di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat (Jabar) dimulai. Negosiasi tersebut menghasilkan kesepakatan tentang status kemerdekaan Indonesia. Hasil perundingan tersebut ditandatangani di Istana Merdeka Jakarta pada tanggal 15 November 1946 dan diratifikasi oleh kedua negara pada tanggal 25 Maret 1947.

1974

Leonardo Wilhelm Dicaprio lahir di Hollywood, California, Amerika Serikat (AS). Kini, ia adalah aktor terkenal yang telah membintangi sejumlah film. Beberapa film sukses yang dibintangi Leo antara lain Romeo dan Juliet, Raksasa, Tangkap Aku jika Kamu Bisa, Geng New York, The Great Gatsby, dan The Revenant. Meski banyak yang mengira akting Leo di beberapa film selalu memukau, namun ia hanya meraih Oscar satu kali, yakni pada 2015 saat ia memerankan Hugh Glass di film tersebut. The Revenant.

1975

Angola mencapai kemerdekaan penuh dari Portugal. Sebelumnya, Angola dikuasai Portugal sejak 1575. Artinya, Angola adalah jajahan Portugis selama 400 tahun.

1983

Philipp Lahm lahir di Munich, Jerman Barat. Ia dikenal sebagai pesepak bola yang membela klub di tanah airnya, Bayern Munchen, dari 2001 hingga 2017. Selain itu, Lahm juga pernah menjadi andalan timnas Jerman dari 2004 hingga 2014.

Postingan Today in History: 12 November 1946, Perundingan Linggarjati Dimulai muncul pertama kali di Solopos.com.