Sirio Persichetti Influencer Cilik Italia Patahkan Stigma Disabilitas

Sirio Persichetti Influencer Cilik Italia Patahkan Stigma Disabilitas
Sirio dan Valentina. (Reuters)

Solopos.com, ROMA – Sirio Persichetti, seorang anak laki-laki dengan disabilitas tetraplegia kejang menantang stereotip disabilitas. Ia menyentuh netizen dengan tingkahnya sehari-hari. Ia membuktikan bahwa disabilitas bukanlah penghalang untuk menginspirasi orang lain.

KPU Solo Mulai Merakit Kotak Suara Pilkada 2020, Surat Suara Terkirim Akhir Pekan Ini

Dilaporkan New York Post, Selasa (17/11/2020), Sirio Persichetti adalah bocah berusia tujuh tahun yang mengidap penyakit cerebral palsy, yang memengaruhi pergerakan tiga anggota badan.

Cacat Sirio

Mulutnya terbuka secara permanen, mencegahnya berbicara dan menelan dengan benar. Sirio diberi nutrisi cair melalui selang di perutnya dan menjalani trakeotomi untuk membantunya bernapas.

Ketangkasan dan semangat hidup Sirio mendorong sang ibu, Valentina untuk membuat website dan akun Facebook, Instagram, dan Twitter. Akun media sosial ini digunakan untuk berbagi keseharian anak-anaknya, dengan harapan bisa menginspirasi orang lain.

Gunung Merapi Waspada, Relawan dari Sragen Waspada

Valentina membagikan video mengharukan putranya dengan anekdot lucu berjudul Sirio and the tetrabonds. Anekdot tersebut telah menyentuh hati di seluruh dunia. Tetra berasal dari paruh pertama tetraplegia dan ikatan dari gelandangan.

“Kami ingin menceritakan kisah disabilitas dengan cara yang berbeda, menceritakan apa itu, sesuatu yang tidak mudah ditangani, tetapi jika disalurkan ke arah yang benar, dengan bantuan yang tepat, dapat memungkinkan anak-anak ini untuk menikmati apa yang disebut. hidup, "katanya. Valentina.

Beberapa video Sirio yang dibagikan Valentina di media sosial telah dilihat lebih dari 130.000 kali. Valentina menambahkan bahwa banyak keluarga yang hidup dalam situasi serupa merasa kuat. Sehingga dia memutuskan untuk terus maju.

SE Pembukaan Wisata Air di Klaten Dicabut, Bukan Karena Lonjakan Kasus Covid-19

Baca:  Mahasiswa Kerjakan Tugas Saat Demo Bikin Salut Netizen

Valentina mengunggah video Sirio pergi ke sekolah dengan ransel yang ukurannya hampir sama dengan tubuhnya. Ia juga mengunggah momen ketika Sirio sedang mengendarai mobil mainan listrik atau saat Sirio membangunkan adiknya, Nilo, yang berusia 10 tahun.

Melanggar Stigma

Valentina mengatakan ingin mematahkan stigma yang kerap melingkupi disabilitas. Dengan menunjukkan bahwa memiliki kebutuhan khusus tidak berarti mengakhiri kesenangan seorang anak.

Membayangkan dunia yang dilihat melalui mata Sirio, Valentina menuliskan caption pada video yang diunggah di Instagram pada 15 November itu. Unggahan tersebut disertai dengan video Sirio bermain di taman bermain.

Upaya Warga Pedan Klaten Berdiri Tegak di Tengah Pandemi, Ternyata Ini Kuncinya

“Di sini saya sampai di taman bermain, tidak takut dan bangga sementara ibu memperhatikan saya seperti rajawali. Tidak mudah mencoba hidup normal kalau ada disabilitas, tapi saya tetap berusaha, ”tulis Valentina.

Valentina bekerja di call center untuk layanan pos. Ia dibantu oleh suaminya Paolo, seorang peneliti berusia 58 tahun, dan dua orang pengasuh yang bekerja secara bergantian. Dia mengatakan bahwa dia tidak pernah menyangka anaknya menjadi viral.

“Tapi kami menyadari itu berguna, membantu dan merupakan langkah penting untuk membuat kehidupan banyak orang lebih normal,” pungkasnya.

Posting Instagram

Lihat posting ini di Instagram

Sebuah pos dibagikan oleh Sirio e i tetrabondi (@tetrabondi)

Pos Sirio Persichetti, Pemberi Pengaruh Kecil Italia, Melanggar Stigma Cacat muncul pertama kali di Solopos.com.