Dapur Warga Ngargoyoso Jebol Diterjang Longsor

Dapur Warga Ngargoyoso Jebol Diterjang Longsor
longsor

Solopos.com, KARANGANYAR – Dapur milik Maryono, 38, warga RT 002 / RW 005, Jenggrik, Nglegok, Ngargoyoso, jebol diterjang tanah longsor Sabtu (21/11/2020).

Tanah longsor disebabkan talut tidak mampu menampung resapan air hujan yang masuk ke tanah di sebelah bangunan tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, kejadian itu terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Akibat tanah longsor tersebut, tembok dapur berukuran 3 meter x 6 meter jebol dan merusak sebagian alat daput milik warga.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Sundoro Budi Karyanto, mengatakan tanah longsor disebabkan hujan deras yang terjadi sekitar pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Cerita Warga Mimpi Ketemu Mbah Petruk dan Wangsit Soal Erupsi Merapi

Tanggul yang posisinya di sebelah lapangan dan sedikit lebih tinggi dari permukaan tanah tidak kuat menahan arus air hujan yang terhitung lebat. Sehingga longsoran tanah menerjang rumah Maryono.

“Kerusakannya hanya dinding rumah saja bagian dapur. Tidak ada korban jiwa. Jadi tidak ada langkah evakuasi penghuni rumah dari lokasi tersebut. Memang ciri-ciri longsor seperti itu, karena ada resapan tanah dan tidak mampu menahan akhirnya terjadi longsor,” jelas Sundoro kepada Solopos.com, Sabtu.

Terkait antisipasi longsor susulan, Sundoro menjelaskan BPBD Karanganyar sudah mengarahkan penghuni untuk memindahkan sementara waktu barang berharga di lokasi aman. Selain itu, warga dua RT juga akan dikerahkan keesokan harinya untuk membantu membersihkan lokasi tanah longsor.

“Besok baru nanti diupayakan apakah perlu untuk memasang penahan dari karung. Yang jelas besok ada kerja bakti. Untuk saat ini juga sedang mengupayakan untuk prioritas efektif menyelamatkan penghuni rumah kalau ada longsor susulan,” beber dia.

Geger! Warga Batang Temukan Uang Rp23 Juta Tercecer di Saluran Irigasi

Baca:  Warga Gesi Ditemukan Meninggal di Rumah Plumbungan Sragen

Sundoro mengimbau warga di lokasi rawan longsor agar lebih waspada. Terpantau cuaca di Karanganyar pada Sabtu ini mayoritas diguyur hujan dengan intensitas sedang.

BPBD Karanganyar berkoordinasi dengan seluruh sukarelawan untuk mengamati dan mengawasi potensi munculnya bencana.

“Semua dalam kondisi waspada karena hujan intensitasnya mulai tinggi dan merata di seluruh Karanganyar. Tapi saat ini sudah reda lagi. Kami imbau agar masyarakat di lereng khususnya lebih waspada mengantisipasi musim hujan ini,” tutur dia.

The post Dapur Warga Ngargoyoso Jebol Diterjang Longsor appeared first on Solopos.com.