Ma, Jangan Dibuang! Manfaat Air Cucian Beras Banyak Lho

Ma, Jangan Dibuang! Manfaat Air Cucian Beras Banyak Lho

Sebagai makanan pokok, beras pasti selalu ada di dalam menu keluarga Indonesia. Saat pencucian, tidak jarang Mama yang masih membuang cuma-cuma air cucian beras tersebut. Padahal, air cucian beras ternyata memiliki segudang manfaat lho. Kandungannya yang penuh nutrisi membuat air cucian beras sayang sekali untuk dilewatkan. Baik dari segi kesehatan, kecantikan, hingga bisa dimanfaatkan untuk mendukung hobi berkebun di rumah. Wah seperti apa ya manfaat air cucian beras dan cara penggunaannya? Yuk simak selengkapnya Mams.

Manfaat Air Cucian Beras

Air cucian beras kaya akan kandungan gamma-oryzanol yang memiliki manfaat sebagai pelindung kulit dari paparan sinar UV Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab air cucian beras banyak dijadikan sebagai bahan dasar skincare. Bahkan ada skincare ternama dengan harga yang sangat mahal yang ternyata terbuat dari air cucian beras lho Mams. Wah, sayang sekali bukan bila hanya dibuang begitu saja? Yuk simak manfaat air cucian beras berikut ini!

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat air cucian beras yang digunakan untuk mencuci wajah diyakini mampu mencegah penuaan dini. Hal tersebut disebabkan oleh adanya kandungan vitamin E sebagai penghambat proses penuaan. Air cucian beras juga diyakini dapat menyamarkan garis halus serta kerutan sehingga mams bisa tampil awet muda. 

Baca Juga: Hindari Bahan Skincare untuk Ibu Hamil ini Mams!

Meredakan Jerawat dan Iritasi Kulit

Kandungan allantoin pada air cucian beras dipercaya dapat mengurangi produksi minyak berlebih yang dapat menyebabkan munculnya jerawat. Selain jerawat, manfaat air cucian beras juga untuk meredakan iritasi kulit bahkan diyakini sebagai pengobatan alami untuk mengatasi dermatitis atopik. Hal ini disebabkan air cucian beras yang bersifat astingent sehingga dapat menyejukkan kulit. Meskipun demikian, hal ini perlu penelitian lebih lanjut.

Mencegah Sembelit

Air cucian beras memiliki kandungan serat yang banyak sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan. Meskipun demikian, jangan asal minum ya Mams, melainkan harus diolah dengan baik terlebih dahulu.

Mengatasi Flek Hitam dan Bekas Luka

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa manfaat air cucian beras mengandung vitamin E yang dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah kulit berupa flek hitam serta bekas luka. Vitamin E tersebut nantinya akan memudarkan pigmentasi kulit sehingga flek memudar secara perlahan.

Menyehatkan Rambut dan Kulit Kepala

Nutrisi yang ada pada air cucian beras membuatnya semakin bermanfaat, salah satunya sebagai perawatan alami untuk menyehatkan rambut dan kulit kepala. Bahkan, air cucian beras juga dipercaya dapat mengatasi kutu rambut lho Mams! Oleh sebab itu, jika Mams memiliki masalah rambut seperti ketombe, rambut bercabang, dan kurang subur, cobalah gunakan air cucian beras.

Baca Juga: Vitamin U Memang Ada? Ini Manfaatnya

Melembabkan Kulit

Mungkin Mams sering merasakan lemababnya kulit tangan setelah mencuci beras, Hal tersebut karena adanya kandungan natrium lauril sulfat yang dapat mengatasi kulit kering. Jika digunakan rutin, kulit akan menjadi lembut terutama bagian tubuh yang biasanya kering, seperti lutut, siku dan mata kaki.

Pupuk Cair untuk Tanaman

 Air cucian beras mengandung bakteri baik yang dapat menjaga kesehatan tanah. Nutrisinya yang lengkap membuat air cucian beras baik untuk dijadikan pupuk cair.

Cara Menggunakan Air Cucian Beras

Sebelum menggunakan dan merasakan manfaat  air cucian beras, perhatikan cara penggunaannya yuk Mams!

Digunakan sebagai Masker Kulit Wajah dan Tangan

  1. Ambil air cucian beras bilasan pertama
  2. Diamkan selama 1-2 jam untuk memisahkan air dengan endapannya
  3. Buang air hingga hanya menyisakan endapan
  4. Gunakan endapan sebagai masker

Digunakan untuk Rambut dan Kulit Kepala

  1. Basuhlah rambut dengan air cucian beras
  2. Tutup menggunakan topi mandi
  3. Diamkan selama 1 jam agar nutrisi meresap kedalam rambut dan kulit kepala
  4. Bilas dengan air hingga bersih

Digunakan sebagai Toner Wajah

  1. Siapkan air cucian beras pada wadah
  2. Celupkan kapas sebagai media toner
  3. Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan

Mengonsumsi dengan Diminum

  1. Rebus air cucian beras hingga mendidih
  2. Setelah matang, aduk lalu saring
  3. Air cucian beras siap diminum

Dijadikan Pupuk Cair

Cara menggunakan air cucian beras untuk dijadikan pupuk caur sangatlah mudah. Cukup siram atau semprot air cucian beras ke tanah.

Baca Juga: Bye Bye Kulit Kusam! Ini Dia Tips Merawat Kulit yang Benar Untuk Anak

Perlu diperhatikan bahwa air cucian beras yang aman digunakan adalah berasal dari beras yang bersih dari benda seperti kerikil, kutu, gabah, dan sebagainya. Jika Mams meragukan kehigienisannya, sebaiknya tidak menggunakan di area wajah atau kulit yang sedang sensitif.

Baca:  Kaki Lumpuh Karena Minum Boba, Awas Ma!

The post Ma, Jangan Dibuang! Manfaat Air Cucian Beras Banyak Lho appeared first on Mamapapa.id.