Mampaps Ini Dia Jenis dan Harga Vaksin Covid-19!

Mampaps Ini Dia Jenis dan Harga Vaksin Covid-19!

Sudah tahu kan, kapan vaksin korona sudah tiba di Indonesia? Pada 6 Desember lalu, sekitar 1,2 juta dosis vaksin korona buatan Sinovac tiba di Indonesia, vaksin ini merupakan satu dari 6 kandidat vaksin Covid-19 yang akan digunakan di Indonesia. Selanjutnya sekitar 1,8 juta dosis vaksin korona lainnya akan tiba pada Januari 2021. Penasaran dengan harga vaksin covid-19 ini?

Beberapa kepala daerah sudah mendata warganya untuk mendapatkan vaksin, apakah Mampaps sudah terdaftar di dalamnya? Namun, tahukah Mampaps bahwa beberapa negara memiliki kebijakan pemberian vaksin corona gratis kepada warganya? Lalu bagaimana dengan di Indonesia? Pemerintah Indonesia kabarnya akan menerapkan dua sistem vaksin virus corona, yakni gratis dan berbayar. Apa bedanya kedua vaksin korona tersebut?

Baca Juga: Wah, Vaksin Corona untuk Anak Belum Direkomendasikan, Kenapa Ya Ma?

Apakah perlu melakukan Vaksin Covid?

sumber gambar: bbci.co.uk

Jika punya tarif vaksin corona, masyarakat Indonesia pasti bertanya-tanya. Mulai dari harga vaksin covid-19, berapa kali vaksin covid-19 akan anda lakukan, efek samping yang akan ditimbulkan setelah vaksin, hingga seberapa pentingkah melakukan vaksin covid ini? Seperti diberitakan secara luas, beberapa orang yang bereksperimen dengan vaksin korona menjadi sakit dan meninggal. Apakah itu benar? Coba cek dulu apa saja manfaat dan efek samping dari vaksin corona.

Manfaat Vaksin Covid

Tentunya mudah saja jika seseorang sudah mendapat vaksin covid, ia akan terhindar dari virus yang sedang meresahkan dunia saat ini. Nah, yang perlu diketahui Mampaps adalah vaksin Sinovac merupakan vaksin untuk pencegahan dan pengendalian virus SARS-CoV-2. Vaksin ini diproduksi oleh perusahaan biofarmasi Cina, Sinovac Biotech Ltd.

Sebagaimana kita ketahui, vaksin bukanlah obat melainkan antigen atau zat aktif pada virus dan bakteri yang jika disuntikkan ke tubuh seseorang akan menimbulkan reaksi sistem imun untuk melawan virus atau penyakit tersebut.

Nah, seperti halnya vaksin covid yang sudah masuk di Indonesia ini memiliki manfaat yang sama dengan vaksin lainnya, yaitu mengurangi keparahan virus Covid-19 yang saat ini sedang menyebar dan akan berupaya mencegah penularan secara keseluruhan. Berapapun harga vaksin covid-19, tenang saja Mampaps karena wacana terbaru akan gratis.

Baca Juga: Usai Bahagia Hipoksia, Ini Dia Delirium, Gejala Baru Covid-19!

Efek Samping Vaksin Covid

Kabarnya, vaksin Sinovac diklaim aman dan efektif sehingga memiliki manfaat yang jauh lebih baik dari efek samping yang ditimbulkannya. Efek samping yang biasanya diterima tubuh setelah mendapat vaksin korona ini adalah demam selama kurang lebih 48 jam. Hal tersebut diungkapkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang menyebutkan bahwa dari hasil uji klinis fase 3 vaksin Sinovac tidak ditemukan adanya efek samping yang serius pada pasien. Tes vaksin ini sudah diberikan kepada 1.620 relawan dan tidak ada efek samping yang serius setelah 14 hari menerima vaksin corona.

Baca:  7 Tanaman Hidroponik Rumahan yang Mudah Ditanam

Perlu Anda ketahui, bahwa demam menandakan vaksin telah berhasil memicu sistem kekebalan tubuh. Ketika Anda mengalami demam Mampaps, Anda dapat mengonsumsi lebih banyak cairan dan Anda dapat minum obat demam untuk mencegahnya.

Jenis dan Harga Vaksin Covid

Sumber gambar: jakpost.net

Dilansir dari kompas.tv, disebutkan bahwa berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK01.07 / Menkes / 9860/2020 tentang Penetapan Vaksin untuk Pelaksanaan Vaksinasi Penyakit Virus Corona (Covid-19) disebutkan Bahwa Indonesia menetapkan enam jenis vaksin untuk proses vaksinasi di dalam negeri, di antaranya:

  • PT Bio Farma (Persero)
  • AstraZeneca
  • Perusahaan Grup Farmasi Nasional China (Sinopharm)
  • Moderna
  • Pfizer dan BioNTech
  • Sinovac Biotech Ltd.

Kami hanya dapat menggunakan enam vaksin tersebut jika kami mendapat izin distribusi atau izin penggunaan darurat (UEA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Keenam harga vaksin covid-19 bervariasi, termasuk:

  • Vaksin Bio Farma mematok harga vaksin Covid-19 Sinovac sekitar Rp 200.000 per dosis.
  • China National Pharmaceitical Group Corporation (Sinopharm), menetapkan harga vaksin covid-19 per dosis Rp 1.050.000 dan per orang Rp 2.100.000
  • Moderna mengenakan biaya Rp 467.000 hingga Rp540.000 per dosis untuk per orang dengan harga Rp934.400 hingga 1.080.400
  • Pfizer dan BioNTech mematok harga vaksin covid-19 sebesar Rp 292.000 per dosis dan 584.000 per orang.
  • Sinovac Biotech Ltd. yang sudah sampai di Indonesia memiliki harga sekitar Rp.141.320 hingga Rp.282.640 per dosis.

Baca: Waspadai Happy Hypoxia, Gejala Baru Mematikan Covid-19!

Cara Mendaftar dan Memesan Vaksin Covid Secara Mandiri

Harga vaksin Covid-19

Setelah mengetahui harga vaksin covid-19, mendapatkan vaksin korona bisa dilakukan dengan dua cara yaitu jalur pemerintah dan jalur mandiri. Jika dilakukan dengan jalur pemerintah, kabarnya vaksin ini diberikan secara gratis dan vaksin ini hanya diberikan kepada tenaga medis, aparat hukum, tokoh agama, pendidik, pejabat pemerintah pusat hingga daerah, hingga penerima bantuan bersubsidi BPJS.

Sedangkan jalur mandiri hanya diperuntukkan bagi usia 19-59 tahun yaitu mendaftar melalui aplikasi dengan menyiapkan dokumen-dokumen seperti: KTP, Kartu Keluarga, Alamat dan Nomor Telpon yang bisa dihubungi sehingga bila vaksin tersedia Mampaps akan bisa dihubungi. untuk pergi ke klinik terdekat dan melakukan pembayaran.

Setelah imunisasi, Mampaps akan mendapatkan sertifikasi vaksinasi yang dapat digunakan sebagai bukti bahwa mereka telah melakukan vaksinasi.

Lantas, bagaimana dengan Mams yang setelah mengetahui harga vaksin covid-19 ingin melakukan vaksin mandiri atau subsidi dari pemerintah? Apapun pilihannya, meski vaksin belum didistribusikan secara merata, harap patuhi protokol kesehatan untuk menghindari virus COVID-19. Salam sehat selalu.

Postingan Mampaps Ini Dia Jenis dan Harga Vaksin Covid-19! muncul pertama kali di Mamapapa.id.