Tes Covid Sambal Cireng Positif? Simak Penjelasannya!

Tes Covid Sambal Cireng Positif? Simak Penjelasannya!

Covid-19 sudah ada di sekitar kita selama hampir setahun. Selama pandemi ini, banyak berita aneh hingga menyesatkan yang membingungkan publik. Kecanggihan teknologi memudahkan seseorang untuk menyebarkan berita ke masyarakat luas. Sayangnya, tidak semua orang menyaring kembali informasi apa yang mereka terima. Beberapa waktu lalu, seorang tokoh masyarakat, Rina Nose, mendapat kontroversi terkait uji usap antigen prank pada sambal cireng yang ternyata positif. Sedangkan empat orang yang mengkonsumsinya mengalami hasil negatif. Bagaimana penjelasan para ahli tentang uji covid cabai Cireng?

Kronologis Uji Covid Sambal Cireng

Beberapa hari lalu, komedian Rina Nose kembali menuai kontroversi dengan aksinya, yakni melakukan rapid covid cireng chili test atau tes usap antigen. Ternyata hasilnya positif untuk Covid-19.

Ia mengunggah hasil tes cireng cabai covid di akun Instagram pribadinya @ rinanose16. Rina melampirkan foto usap antigen dengan keterangan;

“Untuk iseng, usap kuah cireng pakai antigen cepat, hasilnya dua baris. Lalu usap sendiri dan anggota rumah tangga lain yang makan kuah sama dalam satu mangkok, hasilnya satu baris. Saya tidak mau simpulkan apa ini maksudnya. Cuma pesan aja gak usah di jalanin iseng guys .. biar ga bingung. "

Reaksi Netizen Terhadap Uji Sambal Hidung Cireng Rina

Dalam penyampaiannya, Rina juga menunjukkan bahwa bukan hanya dirinya yang melakukan uji usap antigen pada makanan atau benda lain. Meski Rina mengaku hanya melakukannya untuk iseng, postingan tersebut mengundang banyak komentar dari netizen. Netizen pun memberikan beragam tanggapan, seperti komentar berikut.

“Walaupun kalian seorang komedian tapi harus lebih bijak dalam membuat konten … semua bisa dijadikan guyonan, disaat banyak yang menjadi korban pandemi ini”, – @ djwoles.

“Aku tidak menghormati kamu. Sepertinya kamu tidak paham dengan" pandemi "ini, beda dengan virus yang kamu bilang sudah ada. Kehilangan orang karena pandemi ini tidak mudah gan, jadi tidak sulit menggiring opini publik sehingga pandemi akan dianggap remeh ", – @ bbycimitcimitt.

Baca juga: Inilah Jenis dan Harga Vaksin Covid-19!

“Saya paham banget maksudnya mbak rina jangan percaya Covid itu ada, tapi Jan percaya semua berita tentang Covid, saya harus mempelajarinya lagi gak usah terlalu ribut, yang terpenting adalah melindungi diri sendiri dan keluarga agar tidak tertular, dan jika terinfeksi, jangan panik, tapi fokuslah pada penyembuhan ", -cie.agriasari

Baca:  Waspadai Kadar Protein Tinggi pada Ibu Hamil, Ma!

Melalui penyampaiannya ini, Rina juga mengingatkan kepada netizen untuk tidak meniru aksi prank saat melakukan tes covid cireng agar tidak semakin bingung.

Faktor yang Mempengaruhi Hasil Tes Covid

Melihat situasi ini, Associate Professor dan Peneliti Kimia Farmasi Universiti Putra Malaysia, Bimo A. Tejo Ph.D menjelaskan pendapatnya. Menurut Bimo, uji usap antigen telah dirancang untuk berfungsi pada pH tertentu. Alat ini juga sangat sensitif terhadap keasaman atau pH pada sampel.

Penjelasan Bimo mengunggah penjelasannya di akun Instagram pribadinya, @ ba.tejo. Ia juga menjelaskan bahwa sampel swab harus dimasukkan ke dalam buffer terlebih dahulu untuk menstabilkan kadar asam pada kisaran 7-8. Sedangkan pH pada sambal cireng berada di luar nilai pH yang dianjurkan sehingga menyebabkan alat uji usap antigen rusak. Tak lupa Bimo melampirkan juga menginformasikan bahwa nilai pH dari kuah cireng adalah 2,5.

Baca Juga: Kontrasepsi Hormon Untuk Penderita Covid-19 Berbahaya!

Fakta Uji Covid Sambal Cireng

Bimo melanjutkan pemaparannya, pH sampel yang terlalu rendah akan merusak antibodi dan nanopartikel. Kerusakan pada antibodi dan nanopartikel inilah yang membuat perangkat menghasilkan dua garis yang disebut positif.

"Penggunaan alat antigen cepat harus dilakukan sesuai instruksi yang diberikan oleh pabrikan. Lelucon yang membingungkan masyarakat sangat tidak terhormat dalam kondisi sulit seperti ini", tutup Bimo.

Pada dasarnya tes usap antigen dirancang untuk menguji manusia, meski begitu hanya berfungsi dengan baik pada organ tertentu yang telah ditentukan. Oleh karena itu, penggunaan yang tidak sesuai dengan instruksi menjadi salah dan tidak perlu ditiru.

Nah gimana kalau tidak coba-coba, seperti tes sambal Cireng yang sudah dilakukan.

Posko Tes Covid Sambal Cireng Positif? Simak penjelasannya! muncul pertama kali di Mamapapa.id.