Mama Perlu Tahu Tips Merawat Bayi Saat Pandemi

Mama Perlu Tahu Tips Merawat Bayi Saat Pandemi

Hamil, melahirkan dan merawat bayi saat pandemi, merupakan salah satu tantangan ibu dan ayah. Anda harus waspada dan selalu mengikuti protokol kesehatan, terutama saat bayi baru lahir! Pasalnya, merawat bayi saat terjadi pandemi harus dilakukan dengan baik agar bayi selalu dalam keadaan sehat, karena kita tidak bisa sebebas mungkin membawa bayi ke dokter jika kondisinya tidak baik.

Khawatir dan takut? Tentu hal ini banyak dialami oleh masyarakat Mampap, terutama pemerintah yang mengimbau masyarakat untuk tinggal di rumah. Begitu juga bagi mereka yang memiliki bayi pada masa pandemi ini normal baru juga harus diikuti, termasuk jika ingin mengunjungi rumah sakit atau klinik terdekat untuk mengimunisasi bayi.

Tips Merawat Bayi Saat Pandemi

Merawat bayi selama pandemi

sumber gambar: sea.mashable.com

Merupakan tantangan bagi Mampaps untuk merawat bayi selama pandemi ini, di mana semuanya harus Ditepuk memperbarui untuk perkembangan bayi saat ini dilakukan secara virtual tanpa harus memaksa datang ke dokter.

Jika ingin berobat ke rumah sakit atau rumah sakit, Mampaps harus membuat janji agar tidak menunggu terlalu lama.

Baca juga: Jangan Takut! Berikut tips memilih dokter gigi yang tepat saat terjadi pandemi

Memang pascapersalinan harus menjadi sesuatu yang membuat Mampaps senang karena adanya penambahan anggota baru, namun kondisi ini justru dapat menimbulkan kecemasan bahkan depresi. Tapi tenang, Mampaps sebenarnya tidak sendiri! Yuk, ikuti beberapa tips mamapapa.id merawat bayi saat pandemi berikut ini, agar kecemasan bisa berkurang, di antaranya:

Terus Lakukan Jarak

Tips pertama dalam merawat bayi saat pandemi adalah menjaga jarak, termasuk untuk keluarga yang tinggal serumah dengan ibu dan bayi. Mengapa? Ini karena bayi sangat rentan terhadap virus, termasuk Covid-19.

Selain itu, biasanya setelah melahirkan banyak keluarga yang akan berkunjung untuk melihat ibu dan bayinya. Jadi, untuk mencegah penularan Covid-19 ke ibu dan bayi, sebaiknya jangan menerima tamu dulu! Ini karena bayi baru lahir mudah terserang virus dan penyakit. Begitu, tidak ada salahnya untuk sementara waktu melakukan kunjungan maya untuk melihat ibu dan bayinya.

Jalankan Protokol Kesehatan Bahkan di Rumah

Padahal di rumah bukan berarti Mampaps dan keluarga lain bebas dari virus, namun merawat bayi saat pandemi ini wajib bagi siapa saja yang mau mendekat, berpegangan bahkan Bunda yang mau menyusui bayi harus cuci tangan pakai sabun pertama. Bagi yang sedang flu, ada baiknya menggunakan masker agar tidak menularkan virus ke bayi dan keluarga dalam satu rumah tangga.

Baca juga: Hati-hati memilih tempat yang aman dan nyaman untuk melahirkan selama pandemi

Menyusui Bayi dengan Aman

Covid-19 memang bisa menyerang siapa saja, termasuk ibu-ibu yang sedang memberikan ASI pada si kecil. Jika Bunda mengalami gejala Covid-19 sebaiknya segera dites, sedangkan proses menyusui tetap bisa dilakukan karena penularan virus ini tidak menular dari ASI.

Namun saat memberikan ASI ada baiknya mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan masker. Begitu juga bagi Bunda yang ingin memompa ASI tetap harus mencuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh botol atau bagian pompa dan menggunakan masker.

BERHENTI! Jangan Bawa Bayinya pulang

Bahkan di dalam rumah pun, bayi tetap berisiko tertular virus, apalagi saat diajak keluar rumah! Ada baiknya jika anda menunda membawa buah hati keluar rumah apalagi untuk berlibur atau mengunjungi keramaian seperti tempat umum, memang dirumah anda akan merasa bosan namun pada kondisi sekarang sebaiknya bayi dirumah saja mampaps!

Baca:  Tips Agar Tidak Mudah Terbuai Janji Manis Mantan

Lakukan Konsultasi Virtual

Melakukan konsultasi dengan dokter spesialis anak mengenai kesehatan bayi pada saat pandemi dapat dilakukan dengan video call, hal ini dilakukan agar kondisi bayi dapat diketahui oleh dokter. Dalam melakukan konsultasi virtual ini, Mampas dapat bertanya tentang tumbuh kembang bayi atau ingin bertanya tentang ASI dan lain-lain.

Jika terjadi sesuatu pada bayi, biasanya dokter akan menjadwalkan janji untuk melakukan pemeriksaan di rumah sakit untuk melihat apakah ada masalah yang terjadi, seperti gangguan pernapasan pada bayi atau masalah yang dialami ibu setelah melahirkan.

Tetap aman jika terpaksa keluar rumah

Jika terpaksa keluar rumah dan membawa buah hati, seperti mengunjungi rumah sakit atau mendapatkan vaksin, pastikan Anda menjaga jarak dengan orang-orang di sekitar Anda. Sebaiknya gunakan stroller atau mams untuk tetap menggendongnya, agar bayi tidak terpapar langsung dengan menggenggam fasilitas umum yang ditemuinya seperti kursi, meja, tangga dan lain-lain.

Kebutuhan Bayi Lengkap

Merawat bayi pada saat pandemi terakhir adalah memenuhi kebutuhan bayi selama di rumah, seperti popok, tisu, perlengkapan mandi dan lain-lain dengan menumpuknya dalam jumlah banyak. Nah, perlengkapan bayi ini bisa dibeli secara online tanpa harus keluar rumah! Ayo praktis kan?

Baca juga: Imunisasi saat pandemi ditunda, ancaman polio mengintai

Kontrol Kesehatan dan Imunisasi Bayi Selama Pandemi

Melakukan pengendalian kesehatan dan imunisasi pada bayi pada saat pandemi merupakan hal yang wajib dilakukan dalam merawat bayi pada saat terjadi pandemi, khususnya imunisasi! Mampaps tidak dianjurkan untuk menunda imunisasi, karena ini sangat penting untuk melindungi bayi dari penyakit.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah merevisi jadwal pemberian vaksin untuk anak usia 0-18 tahun. Mengapa? Menurut IDAI dalam akun Instagram-nya, perubahan tersebut dilakukan berdasarkan review berkala dengan memperhatikan perkembangan berbagai program vaksin di Indonesia dan rekomendasi WHO. Beberapa diantaranya terkait program imunisasi global seperti pemberantasan Polio (Erapo), eliminasi Tetanus Neonatorum (ETN), pengendalian Campak Rubella, pencegahan pneumonia, pencegahan kanker serviks, dan pencegahan Japanese Encephalitis.

Berikut adalah jadwal imunisasi terbaru untuk anak usia 0-18 tahun yang direkomendasikan oleh IDAI 2020:

Disarankan pada saat ingin melakukan imunisasi Mampaps harus membuat jadwal dengan dokter anak agar tidak terjadi antrian yang panjang. Jangan lupa gunakan masker untuk Mampaps, jaga jarak dan pastikan bayi aman dan nyaman. Pilih waktu yang tepat agar bayi tidak rewel saat pemeriksaan nanti.

Merawat bayi saat terjadi pandemi tentu bisa dilakukan dengan baik dan merupakan hal yang biasa dilakukan di era ini normal baru ini. Pada dasarnya masih sama, tapi yang membedakan adalah Mampaps hanya bisa melakukan semuanya dirumah. Meski begitu, hal ini tentunya baik dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Postingan Mama Perlu Tahu Tips Merawat Bayi Saat Pandemi muncul pertama kali di Mamapapa.id.