Jangan Salah Ma, Ketahui Beda Ciri Anak Cerdas dan Anak Nakal

sumber:babyhintsandtips.com

Setiap orang tua ingin memiliki anak yang cerdas. Tiap hari ada tingkah imut dari si kecil yang terkadang bikin bunda geleng-geleng kepala. Tingkah lakunya yang aktif terkadang membuat Mampaps khawatir si kecil akan menjadi anak yang nakal. Jangan salah Ma, mari kita ketahui perbedaan ciri anak cerdas dan nakal.

Berbagai cara dilakukan orang tua untuk merangsang tumbuh kembang anak. Mulai dari memberinya mainan edukatif, mengajaknya bermain peran, dan kegiatan bermanfaat lainnya. Banyak yang mengatakan bahwa anak yang nakal akan tumbuh menjadi orang yang pintar kelak, atau bahwa dibalik kelakuannya yang nakal tersebut terdapat kecerdasan yang tersembunyi. Bagaimana psikolog menilai ini?

Ciri-Ciri Anak Cerdas dan Nakal

Berbagai teori psikologi membedakan ciri-ciri anak cerdas dan anak sebagai berikut.

Karakteristik Anak Cerdas

Nilai Pancasila

  1. Sangat aktif. Aktivitas si kecil terkadang disalahartikan sebagai perilaku negatif yang mencerminkan anak nakal. Tetapi para psikolog mengatakan bahwa anak yang aktif adalah ciri anak yang cerdas.
  2. Memiliki kemampuan menulis dan membaca sejak usia dini. Jika si kecil sudah tertarik dengan buku, jangan abaikan, Mampaps.
  3. Miliki ingatan yang kuat tentang informasi dan momen
  4. Kemampuan berkonsentrasi pada sesuatu dan tidak mudah terganggu. Ciri khas anak cerdas adalah biasanya memiliki kemampuan fokus yang tinggi dalam waktu yang lama dan tidak mudah teralihkan oleh hal lain.
  5. Cintai detailnya. Jika si kecil sering memperhatikan sesuatu secara detail, ini tandanya ia adalah anak yang pintar. Biasanya, anak cerdas menyukai detail dan spesifik.
  6. Memiliki bakat seni. Ciri-ciri anak cerdas cenderung senang bernyanyi, menggambar, dan melakukan hal-hal kesenian lainnya sejak kecil. Ini karena perkembangan antara otak kanan dan kiri.
  7. Memiliki kosakata yang banyak. Anak cerdas cenderung memiliki lebih banyak kosakata dibandingkan anak seusia mereka. Misalnya kalau anak lain bisa bilang "ada ayam", anak pintar sudah bisa bilang kalimat "ada ayam di dekat pagar".

Baca Juga: Kemampuan Sosial Anak Kate Middleton Tuai Pujian, Lihat Asuhannya!

Karakteristik Anak Nakal

Sumber: haibunda.com
  1. Enggan berbagi. Anak nakal cenderung pelit dan tidak suka berbagi dengan orang lain. Misalnya berbagi mainan dengan teman, atau berbagi makanan dengan orang di sekitarnya.
  2. Tidak senang membantu. Contohkan sikap membantu di depan si kecil. Selain menumbuhkan rasa peduli dan kasih sayang, anak yang suka membantu juga akan disayangi oleh lingkungannya.
  3. Harus ditaati semua keinginannya. Bocah nakal cenderung tidak terbujuk dan selalu merasa bahwa semua keinginan mereka diikuti.
  4. Tidak pernah merasa puas. Cenderung ada sisi keserakahan pada anak-anak nakal. Dia berpikir bahwa segala sesuatu yang membuatnya menarik harus menjadi miliknya.
  5. Harus selalu dijaga. Jika si kecil tidak mau ketinggalan saat Bunda harus mengerjakan PR dan tugas lainnya, Bunda harus waspada dan berkonsultasi dengan ahlinya. Karena anak dengan sikap seperti ini juga akan membuat Bunda lelah lahir batin.
  6. Tidak sopan
  7. Suka membuat marah

Baca Juga: Gaya Asuh Kate Middleton dan 3 Seleb Ini Layak Ditiru!

Cara Mendidik Anak Cerdas

Ciri-ciri anak yang cerdas
sumber: autismawarenesscentre.com

Anak-anak yang tampak pintar harus diarahkan sedapat mungkin. Kepekaan dan respon ibu terhadap perilakunya akan mempengaruhi perkembangan si kecil. Beberapa hal berikut yang direkomendasikan oleh psikolog untuk mendidik anak cerdas, di antaranya:

  1. Beri si kecil istirahat
  2. Ajari si kecil tentang arti tanggung jawab dan kemandirian
  3. Memodelkan hal-hal baik di depan Si Kecil
  4. Sesekali, berikan penghargaan atas tingkah lakunya yang terpuji
  5. Beri dia permainan edukatif yang mendukung pola pikirnya
  6. Beri dukungan untuk terus mengeksplorasi
  7. Jangan berharap terlalu banyak. Kebanyakan orang tua yang yakin anaknya pintar akan menuntut si kecil untuk berprestasi di sekolah, padahal tuntutan tersebut hanya akan membebani si kecil. Anak pintar tidak selalu ditemani oleh anak sekelasnya, Bu.
  8. Dukung dengan fasilitas pendukung
  9. Beri dia waktu bermain yang cukup. Jangan selalu disuruh terus belajar. Pastikan si kecil memiliki waktu bermain yang cukup.

Baca Juga: Pola Asuh Parenting dengan Metode Pengasuhan Organik

Bagaimana Mendidik Anak-Anak yang Buruk

sumber: edengracemaids

Ketika merasa anaknya tumbuh menjadi anak yang nakal, seringkali sepasang orang tua hanya memarahinya dan tidak melihatnya dari sudut pandang yang berbeda. Berikut beberapa cara untuk menghadapi anak nakal.

  1. Tidak membentaknya di depan umum, meneriakinya di depan umum membuat si kecil merasa terhina dan menodai harga dirinya.
  2. Tidak memberinya julukan "anak nakal"
  3. Berikan contoh perilaku yang baik dan benar
  4. Membuat aturan berupa sanksi dan apresiasi yang tegas
  5. Jangan ditolerir, misalnya jika Bu memiliki prinsip mengurangi aktivitas si kecil dalam bermain gadget. Batasi dan bila waktunya habis, jangan berikan gadget meskipun dia menangis.
  6. Tetaplah bersikap lembut padanya
  7. Konsisten. Banyak orang tua memiliki banyak sekali aturan dalam kehidupan pengasuhan, tetapi jarang sekali aturan itu konsisten. Konsistensi adalah yang paling sulit untuk diterapkan, tetapi bukan tidak mungkin untuk dilakukan.

Baca juga: Jangan salah! Hindari Menjadi Orang Tua yang Berlebihan

Nah begitulah cara mendidik anak cerdas dan nakal. Konsistensi adalah kunci utama untuk menjaga kecerdasan atau mengubah anak nakal menjadi tidak terlalu nakal atau bahkan pintar. Semangat Bu!

Baca:  Ma, Ternyata Sariawan Ganggu Tumbuh Kembang Anak Lho!

Postingan Jangan Salah Ma, Kenali Beda Ciri Anak Cerdas dan Anak Nakal muncul pertama kali di Mamapapa.id.