Tanpa Disadari, Hal-Hal Ini Bisa Menyebabkan Bulu Mata Rontok

Jika mata adalah jendela jiwa, sudah sepatutnya bulu mata dikatakan sebagai tirai. Panjang bulu mata membantu membangun karakter wajah Anda. Namun, apa artinya jika bulu mata rontok (lepas)?

Beberapa penyebabnya mungkin sepele, tetapi beberapa memerlukan perhatian medis khusus. Apapun penyebab bulu mata Anda, tentu hal ini bisa membuat Anda minder. Lihat cara mengatasinya di bawah ini.

Berbagai penyebab bulu mata rontok

kutu kutu

Beberapa dari Anda mungkin sering menggosok mata dan kemudian menemukan beberapa bulu mata Anda lepas. Jika hanya sesekali, kerontokan bulu mata itu normal. Namun, perlu diwaspadai jika kerontokan bulu mata terjadi terus menerus.

Di bawah ini adalah penyebab potensial bulu mata Anda rontok.

1. Penggunaan maskara

Penggunaan produk maskara bisa membuat bulu mata Anda terlihat lebih tebal dan lancip. Namun, ini sebenarnya bisa menjadi alasan mengapa bulu mata alami Anda sering rontok.

Apalagi jika Anda suka menggunakan maskara tahan air. Pasalnya, maskara tahan air mengandung bahan kimia yang menyebabkan bulu mata menjadi lebih kaku.

Tinta maskara yang menempel rapat dan membuat bulu mata kaku membuat Anda butuh tenaga lebih untuk menghilangkannya. Perawatan ini berisiko membuat bulu mata lebih rentan rontok.

Selain itu, dalam beberapa kasus, ada orang yang alergi kosmetik, terutama produk maskara tertentu. Hal ini kemudian membuat bulu mata rontok dan akhirnya menipis.

2. Kebiasaan mengucek mata

Tanpa kamu sadari, kebiasaan mengucek mata justru membuat bulu mata kamu rontok satu per satu. Jadi, usahakan untuk tidak menggosok mata terlalu keras.

Tidak hanya menyebabkan bulu mata rontok, tapi juga tidak baik untuk kesehatan mata Anda. Tangan yang Anda gosok mungkin penuh dengan bakteri dan parasit yang dapat menyebabkan iritasi mata.

3. Menggunakan penjepit bulu mata

Banyak wanita menggunakan pengeriting bulu mata untuk lebih meningkatkan tampilan akhir riasan mata mereka. Namun, tanpa Anda sadari, penggunaan penjepit khusus ini justru membuat bulu mata Anda mudah rontok.

Apalagi jika alat ini digunakan saat Anda menggunakan maskara. Bulu mata menjadi lebih lengket dan lama-kelamaan saat dicubit, rambut akan menempel di permukaan yang lebih keriting. Bulu matanya rontok.

4. Radang kelopak mata

Peradangan atau infeksi yang terjadi pada kelopak mata disebut blepharitis. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri, cedera, atau reaksi alergi.

Salah satu efek yang terjadi saat terjadi radang kelopak mata adalah hilangnya bulu mata. Jika hal ini disertai rasa nyeri di area mata, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

5. Alopecia

Jika Anda merasa bulu mata terus rontok dan sulit tumbuh, Anda mungkin menderita penyakit autoimun yang disebut alopecia.

Alopecia (kebotakan) biasanya ditandai dengan rambut rontok di kepala yang bisa menyebabkan kebotakan. Meski begitu, bulu mata dan alis serta rambut halus di bagian tubuh lain juga bisa terpengaruh.

Jika ini terjadi pada Anda, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter.

6. Sedang menjalani kemoterapi

Jangan heran jika selama menjalani kemoterapi, semua rambut dan rambut Anda rontok, termasuk bulu mata Anda. Meskipun efek samping ini bergantung pada jenis dan dosis obat, kemoterapi umumnya dapat menyebabkan beberapa bulu mata rontok.

Namun, jangan khawatir. Setelah pengobatan kanker Anda selesai, bulu mata Anda akan tumbuh kembali normal seperti semula.

Meski rontok, Anda bisa membuat bulu mata tumbuh lebih cepat

Padahal, bulu mata seperti halnya rambut Anda yang bisa tumbuh panjang. Rata-rata orang dewasa memiliki sekitar 100 – 150 bulu mata bagian atas, tetapi dengan panjang yang bervariasi.

Sedangkan pertumbuhan bulu mata membutuhkan waktu sekitar 5 – 11 bulan. Ingin mempercepat tumbuhnya bulu mata? Berikut tips yang bisa Anda lakukan.

  • Makan makanan yang sehat. Beberapa nutrisi yang dapat membantu pertumbuhan bulu mata, seperti protein, biotin, vitamin B3, zat besi, dan berbagai mineral.
  • Gunakan pupuk bulu mata. Saat ini sudah banyak produk pupuk bulu mata yang dikemas seperti maskara, namun pastikan produk yang Anda gunakan aman.

Bagaimana cara mencegah bulu mata rontok lagi?

Agar bulu mata Anda tidak rontok lagi di kemudian hari, sebaiknya lakukan beberapa tips di bawah ini.

  • Gunakan maskara baru, hal ini untuk menghindari alergi pada bulu mata.
  • Hati-hati saat membersihkan dandan, terutama di bagian mata.
  • Jangan lupa menghapus riasan Anda sebelum istirahat.
  • Jangan terlalu sering menggunakan penjepit bulu mata.
  • Hapus bulu mata atau ekstensi palsu secara perlahan.

Postingan Tanpa Sadar, Hal Ini Bisa Menyebabkan Bulu Mata Rontok muncul pertama kali di Hello Sehat.

Baca:  Hentikan Pemakaian Skincare-mu Jika Mengalami 7 Hal Ini!