Juwita Bahar Koma karena Diet, Ini Akibat Kekurangan Karbohidrat pada Tubuh

Pentingnya Karbohidrat

Hai Mampaps, baru-baru ini dikabarkan artis sekaligus penyanyi dangdut Juwita Bahar sempat terbaring koma di rumah sakit selama 15 hari karena diet ketat yang diikutinya. Saat ini beredar kabar bahwa Juwita sempat koma karena sudah kurang lebih 2 tahun mengkonsumsi karbohidrat. Inilah yang membuatnya kekurangan karbohidrat.

Mampaps harus mengetahui apa pentingnya karbohidrat dan apa dampaknya jika kita kekurangan karbohidrat atau diet ketat karbohidrat.

Baca juga: Waspadai COPD yang menyebabkan kematian

Pentingnya Karbohidrat dalam Tubuh

Peran Karbohidrat untuk Tubuh

Mampaps, karbohidrat merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh manusia yang berfungsi menghasilkan energi bagi tubuh manusia. Senyawa karbohidrat tersebut dapat dengan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari misalnya pada gula pasir, buah-buahan, tebu, susu, beras, jagung, gandum, ubi jalar, kentang, singkong, dan lain-lain.

Mampaps harus tahu, karbohidrat berperan sebagai sumber energi utama, setiap 1 gram karbohidrat mengandung 4.1 kalori yang nantinya akan tercipta senyawa organik seperti lemak dan protein yang berfungsi menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh, sebagai zat energi untuk metabolisme, pertumbuhan. , pengaturan suhu dan aktivitas fisik. Bayangkan jika dalam waktu lama tubuh kita kekurangan karbohidrat.

Ada tiga fungsi utama karbohidrat yang dibutuhkan tubuh, yaitu:

1. Sumber Energi Utama

Fungsi pertama karbohidrat adalah sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Energi ini dibutuhkan mulai dari pernapasan hingga aktivitas tubuh yang lebih intens, seperti berlari. Selama proses pencernaan, sumber karbohidrat dipecah menjadi gula, yang kemudian diserap oleh saluran pencernaan dan masuk ke aliran darah.

2. Membatasi Asupan Kalori Lainnya

Fungsi kedua karbohidrat adalah membatasi asupan kalori. Dengan mengkonsumsi kandungan serat yang tinggi dari makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dapat memperpanjang rasa kenyang. Sehingga Mampaps masih bisa bertahan. Wah, apa jadinya jika kita kekurangan karbohidrat setiap hari?

Baca Juga: Resep Infused Water untuk Menjaga Kekebalan Tubuh Saat Pandemi

3. Mengurangi Risiko Penyakit Tertentu

Karbohidrat juga berfungsi untuk mengurangi risiko penyakit. Hal tersebut berdasarkan bukti dari beberapa penelitian mengenai serat yang terdapat pada kandungan karbohidrat seperti makanan dari biji-bijian yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung, obesitas, diabetes tipe 2, dan menjaga kesehatan organ pencernaan. Sumber karbohidrat yang kaya serat pangan antara lain sayur mayur, ubi matang atau ubi dengan kulit, dan biji-bijian.

Baca:  5 Masalah Gizi yang Mungkin Terjadi pada Bayi Serta Cara Penanganannya

Karena Kekurangan Karbohidrat

Akibat Kekurangan Karbohidrat dalam Tubuh

Kebanyakan orang menghindari karbohidrat karena dipercaya dapat menyebabkan penambahan berat badan. Padahal, jika kita mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang cukup, tubuh kita akan mendapatkan banyak manfaat yang dihasilkan karbohidrat. Jadi, kekurangan karbohidrat bisa berbahaya bagi tubuh.

Baca Juga: Papa Berhenti! Bahaya rokok berisiko tertular penyakit, lho!

Mampaps, kesalahan yang sering terjadi saat ini ketika seseorang ingin berdiet atau menurunkan berat badan, dia akan melakukan diet karbohidrat. Pola makan karbohidrat saat ini sedang menjadi trend yaitu mengurangi konsumsi nasi atau tidak memakannya sama sekali. Padahal ada banyak faktor yang menjadi penyebab seseorang menjadi gemuk, seperti kurang gerak atau tidur berlebihan. Jadi, karbohidrat bukan satu-satunya penyebab obesitas.

Mampaps bila kita kekurangan karbohidrat, kemungkinan besar akan membuat tubuh kekurangan energi. Saat tubuh kekurangan kalori dari karbohidrat, gejala yang bisa dirasakan adalah pusing, mual, dan lemas. Pola makan ekstrim yang membatasi karbohidrat dan asupan nutrisi lainnya juga dapat membuat tubuh berisiko mengalami dehidrasi.

Begitu, Jika Mampaps berniat untuk menurunkan berat badan atau menjalani program diet, sangat disarankan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter ahli agar kebutuhan dalam tubuh tetap terpenuhi.

Postingan Juwita Bahar Koma Karena Pola Makan, Akibat Kekurangan Karbohidrat dalam Tubuh muncul pertama kali di Mamapapa.id.