Imbas PPKM, Ratusan LC Karaoke Dan Pekerja Sektor Hiburan Solo Nganggur

Imbas PPKM, Ratusan LC Karaoke Dan Pekerja Sektor Hiburan Solo Nganggur
Salah satu ruang karaoke EC Executive di Hartono Trade Center Solo Baru. (Istimewa) LC karaoke solo pekerja hiburan tunggal PPKM

Solopos.com, SOLO – Ratusan pemandu lagu karaoke atau ladies escort (LC) dan pekerja sektor hiburan lainnya di Kota Solo terpaksa menganggur pada saat diberlakukannya kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Jawa-Bali mulai 11 Januari 2021.

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Walikota Solo Nomor 067/036 tanggal 8 Januari 2021, klub malam harus ditutup selama periode PPKM dari 11 Januari 2021 sampai dengan 25 Januari 2021. Perhitungan Solopos.com, ada lebih dari 350 pemandu lagu di Kota Bengawan yang terkena imbas penutupan tempat karaoke.

Gibran Langsung Lantik Wali Kota Solo, Ini Pesan Mantan Saingan Bagyo Wahyono

Karena ada sekitar 13 tempat karaoke yang menyediakan panduan karaoke di Solo. Jika ada 25-30 pemandu karaoke di setiap tempat karaoke, berarti total LC Solo mencapai 325 orang menjadi 390 orang. Mereka berasal dari berbagai daerah di Tanah Air.

Pekerja sektor LC dan hiburan di Kota Solo yang terkena dampak PPKM tidak hanya berasal dari wilayah Soloraya atau Jawa Tengah (Jawa Tengah). Penghasilan mereka didasarkan pada durasi jam lagu pemandu untuk para tamu. Pendapatan dari layanan dibagi antara manajemen dan LC.

Berkali-kali penutup drainase underpass Makamhaji Sukoharjo rusak, dicuri?

Usaha Patungan untuk Bertahan Hidup

Artinya, mereka hanya mendapat penghasilan jika mendapat pesanan lagu panduan untuk tamu karaoke. Pengurus Persatuan Aktor Hiburan Indonesia Solo, Roy Triyana, mengakui salah satu yang terkena dampak kebijakan PPKM adalah pemandu lagu.

Mereka terpaksa bertahan hidup dengan tabungan. Namun, jika kebijakan PPKM berlanjut dengan larangan pembukaan tempat hiburan, Roy belum tahu akan bertahan sampai kapan. “Banyak anak menganggur. Beberapa dari mereka menjual sesuatu untuk dimakan, ”katanya.

Baca:  Manfaat Senam Kegel untuk Stamina Seks Pria dan Cara Melakukannya

Karyawan Minimarket Colomadu Bekerja Sendiri Saat Dianiaya? Ini Klarifikasi Manajemen Alfamart

Bahkan Roy mendapat kabar bahwa beberapa LC dan pekerja sektor entertainment Solo terkena dampak kerjasama PPKM untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari. Sedih mendengarnya. Mereka berharap bisa kembali bekerja meski kebijakan PPKM tetap jalan, lanjutnya.

Roy mengatakan ada sekitar 30 pemandu karaoke di tempat kerjanya. Sebagian besar berasal dari luar Solo, bahkan luar Jawa. Mereka bertanggung jawab atas kelangsungan hidup keluarga di desa.

Postingan Dampak PPKM, Ratusan Penganggur Karaoke LC dan Pekerja Sektor Hiburan Solo muncul pertama kali di Solopos.com.