5 Kesalahan Dalam Pernikahan yang Dapat Menjadi Penyebab Perceraian

Tidak ada orang yang sempurna dalam pernikahan. Anda atau pasangan pasti pernah melakukan kesalahan yang memicu konflik, kemudian bersama-sama mencari solusi agar hubungan kembali harmonis. Kesalahan dalam pernikahan memang wajar, namun ada beberapa kesalahan yang perlu dihindari karena bisa menjadi penyebab terjadinya perceraian.

Kesalahan yang bisa berujung pada perceraian

Tak jarang, beberapa pasangan melakukan kesalahan berikut tanpa disadari dan akhirnya memicu konflik berkepanjangan.

1. Jangan menyampaikan keinginan Anda dengan jelas

Kunci dari hubungan yang langgeng adalah komunikasi. Anda dan pasangan harus menyampaikan apa yang Anda inginkan dengan jelas, apakah itu tentang pengasuhan, keuangan, kehidupan seksual, atau masalah lain dalam pernikahan.

Hubungan yang sudah terjalin lama bukan jaminan akan langgeng jika kedua pihak tidak pernah membicarakannya. Sikap tertutup hanya akan menimbulkan asumsi yang belum tentu benar. Anda mungkin merasa bahwa Anda telah memenuhi kebutuhan pasangan Anda, tetapi bukan itu yang dia harapkan. Ini kemudian bisa menjadi penyebab perceraian.

2. Cara berkomunikasi yang tidak sesuai

Pernahkah Anda merasa tidak didengarkan saat mencoba memulai percakapan? Anda mungkin memiliki cara berkomunikasi yang tidak sesuai dengan pasangan Anda. Kondisi serupa sering kali terjadi ketika istri mengeluhkan hal yang sama berkali-kali, namun suami tidak memperhatikan keluhan tersebut.

SEBUAH psikolog pernikahan di University of Louisville menjelaskan bahwa perilaku ini terjadi karena salah satu pihak menginginkan pembicaraan tersebut, tetapi pihak lain tidak mengetahui cara yang tepat untuk menanggapi. Meski sepele, namun bisa menjadi penyebab pertengkaran dan berujung pada perceraian.

3. Sering menghindari hubungan seksual

Hubungan seksual merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga pernikahan yang harmonis. Kegiatan ini tidak hanya melibatkan kontak fisik, tetapi juga menciptakan keintiman dan menumbuhkan kasih sayang dalam pernikahan antara Anda dan pasangan. Hubungan kasih sayang semakin kuat dan Anda seolah terus merasakan cinta dengan pasangan Anda.

Tanpa hubungan seksual yang sehat dan meyakinkan, kehidupan pernikahan menjadi hambar. Seolah-olah Anda tinggal dengan teman sekamar tanpa keintiman satu sama lain. Konflik bisa muncul dan akhirnya berujung pada perceraian.

4. Sering melibatkan orang tua dalam pernikahan

Pernikahan adalah tentang Anda dan pasangan Anda, bukan tentang suami dan istri serta orang tua mereka. Masalah yang Anda hadapi dalam pernikahan idealnya diselesaikan dengan pasangan Anda tanpa campur tangan orang lain, termasuk orang tua. Pasalnya, pengaruh orang lain dalam pernikahan bisa berubah menjadi tekanan.

Orang tua memang memiliki niat baik untuk mengurangi konflik pernikahan yang dialami anak-anaknya. Namun, hal ini bisa menjadi penyebab perceraian yang tidak disadari. Pada akhirnya, Anda harus bangun bersama pasangan untuk mencari solusi atas masalah yang dihadapi.

5. Lupa menghormati pasangan Anda

Fokus pada pekerjaan, anak, atau aktivitas di rumah kerap membuat pasangan lupa menunjukkan rasa hormat satu sama lain. Padahal, hubungan yang sehat terbentuk dari sikap ini. Anda bisa melakukannya dengan tersenyum, kontak mata, berpelukan, atau apapun yang disukai pasangan Anda.

Saling menghormati juga ditunjukkan dengan mendengarkan, menanggapi cerita, atau berkomunikasi dengan baik. Dengan begitu, Anda dan pasangan akan merasa memiliki posisi yang berharga dalam hubungan tersebut. Hasilnya adalah hubungan harmonis yang jauh dari penyebab perceraian.

Kesalahan dalam pernikahan yang menyebabkan perceraian seringkali dilakukan tanpa disadari. Namun, komunikasi yang jelas, rasa hormat, dan saling pengertian dapat membantu meminimalkan konflik. Jika solusi Anda tidak berhasil, coba diskusikan dengan pasangan Anda untuk menemukan solusi.

Postingan 5 Kesalahan Dalam Pernikahan yang Bisa Menyebabkan Perceraian muncul pertama kali di Hello Sehat.

Baca:  3 Tips Minum Kopi yang Aman Buat Perut Jika Anda Punya Maag