Semakin Memanas, Kronologi Perseteruan Dr Richard Lee VS Kartika Putri

Semakin Memanas, Kronologi Perseteruan Dr Richard Lee VS Kartika Putri

Perseteruan antara Dr. Richard Lee, MARS dengan Kartika Putri terus berlanjut bahkan memanas. Kedua belah pihak sama-sama telah melapor ke polisi atas tuduhan pencemaran nama baik.

Sebenarnya bagaimana perseteruan ini bisa terjadi? Berikut rangkuman kronologi Dr. Richard Lee dan Kartika Putri yang telah Popbela rangkum untuk Anda.

1. Berawal dari Dr. Richard Lee tentang perawatan kulit palsu saluran Youtube

Sebelum terkenal seperti sekarang ini, Dr. Richard Lee dikenal sebagai seorang dokter kulit yang memiliki klinik kecantikan bernama Athena Beauty Clinic. Di tengah kesibukannya sebagai dokter kulit, Richard mengisi waktu luangnya dengan membuat konten di media sosial yang berisi informasi tentang perawatan kulit. Ini bukan sekedar review manfaat perawatan kulit, Richard juga memberikan hasil uji laboratorium pada perawatan kulit itu.

Dengan kejelasan Richard menjelaskan hasil uji laboratorium tersebut perawatan kulit yang dia bawa. Ia akan mengatakan bahwa produk tersebut aman jika bahan-bahannya aman, begitu pula sebaliknya.

Salah satu produknya perawatan kulit yang pernah dia uji di lab dan hasilnya tidak aman yaitu produk helwa. Richard mengatakan Helwa memiliki kandungan hidrokuinon hingga 5,7%. Padahal batas aman yang dianjurkan untuk hydroquinone sekitar 2-5% dan harus di bawah pengawasan dokter.

2. Kartika Putri membantah hasil uji lab Richard lewat konten YouTube

Dua bulan setelah video Richard diunggah ke YouTube, Kartika Putri menjadi salah satunya duta merek Helwa membuat video untuk membuktikan bahwa produk Helwa bukan seperti yang dikatakan Richard.

Pada 2 Desember 2020, Kartika Putri bersama pemilik Helwa, Nabella Tamim, membuat video untuk membantah pernyataan Richard. Dalam video tersebut, Kartika mengatakan krimnya aman dan langsung dioleskan ke wajahnya. Bahkan, Nabella juga berani menjamin bahwa krim helwa aman. Dia mengatakan jika krimnya tidak aman, polisi bisa langsung pergi ke pabriknya.

3. Kartika dan Richard bertemu untuk menyelesaikan kesalahpahaman

Usai video Kartika diunggah di media sosial, video itu ramai. Fans dari masing-masing pihak saling menggoda dan membuat situasi memanas. Tak ingin terjadi kesalahpahaman lebih lanjut, Kartika dan Richard memutuskan untuk bertemu. Pertemuan mereka yang membahas masalah ini pun diabadikan dalam sebuah video yang diunggah ke YouTube Richard.

Baca:  5 Zodiak Paling Menyeramkan, Apakah Itu Kamu?

Alih-alih memecahkan masalah, pertemuan mereka justru menimbulkan perdebatan yang cukup panjang. Dalam video tersebut, Kartika meyakini bahwa krim Helwa adalah dirinya mengesahkan aman. Sementara itu, Richard mengatakan krim tersebut berbahaya karena mengandung hidrokuinon berdasarkan uji laboratorium yang telah dilakukannya.

4. Richard menerima dua panggilan dari Kartika

Pertemuan mereka berlangsung lama. Kartika merasa terhina saat berdiskusi dengan Richard. Dia segera memanggil Richard dan menuntut permintaan maaf.

Tak ingin masalah semakin meluas, Richard dengan tegas akan meminta maaf kepada Kartika meski menurutnya tidak ada yang salah. Permintaan maaf Richard telah disampaikan kepada publik melalui saluran Diunggah YouTube pada 12 Desember 2020.

5. Kartika melaporkan Richard ke Polda Metro Jaya

Makin Panas, Kronologi Musuh Dr Richard Lee VS Kartika Putri

Tak puas dengan permintaan maaf Richard, Kartika menggugat Richard di Polda Metro Jaya dengan tuduhan pencemaran nama baik. Laporan tersebut dibuat oleh kuasa hukum Kartika, Aditya Dwi Putra pada 16 Desember 2020. Berdasarkan laporan tersebut, Richard baru menjalani pemeriksaan pertamanya pada 4 Februari 2021.

6. Richard memiliki dukungan netizen

Makin Panas, Kronologi Musuh Dr Richard Lee VS Kartika Putri

Gara-gara kasus ini, banyak netizen yang menaruh simpati pada Richard. Mereka merasa pendidikan yang diberikan Richard terkait dengan konten perawatan kulit Hal ini penting bagi banyak orang untuk mengetahuinya agar tidak terjebak pada krim palsu yang dapat merusak wajah. Dukungan netizen untuk Richard dengan kata kunci Bahkan "Selamatkan Dokter Richard" trending di media sosial Twitter pada akhir pekan.

7. Richard siap melaporkan kembali

Kasus ini akan menjadi lebih panas. Pasalnya, Richard berniat melaporkan Kartika kembali ke Polda Sumsel sesuai dengan domisili Richard. Laporan yang akan diajukan Richard terkait fitnah.

8. Richard memutuskan untuk berhenti membuat konten ulasan perawatan kulit

Masalah yang sedang dia hadapi tentu saja menyita banyak waktu dan tenaga Richard. Oleh karena itu, pada waktu yang belum ditentukan, Richard memutuskan untuk berhenti membuat ulasan perawatan kulit di media sosialnya. Demikian disampaikan Richard melalui akun Instagram-nya kemarin, 7 Februari 2021.

Melihat kronologis perseteruan Richard dan Kartika, tampaknya kasus ini akan menempuh jalan yang panjang. Kami menunggu perkembangan selanjutnya dari kasus ini, Iya, Bela.