Kenali Penyebab Varises, Apa Benar Karena Berdiri Terlalu Lama?

Tidak sedikit orang yang minder dan malu karena memiliki varises di tubuhnya. Padahal, varises merupakan kondisi di mana pembuluh darah membengkak dan tampak dekat dengan permukaan kulit. Tak hanya mengganggu penampilan, varises juga menimbulkan rasa nyeri dan bengkak di sepanjang paha, lutut, atau pergelangan kaki. Lalu, apa penyebab varises?

Apa penyebab varises?

Varises terjadi jika vena, atau vena, tidak berfungsi dengan baik. Vena memiliki katup satu arah yang mencegah aliran darah kembali ke organ, karena darah harus mengalir ke jantung.

Nah, bila katup ini rusak, darah akan terkumpul di pembuluh darah dan tidak masuk ke jantung. Pembuluh darah kemudian akan membengkak sehingga menyebabkan varises.

Varises sering terjadi di kaki karena merupakan bagian yang paling jauh dari jantung dan efek gravitasi membuat darah lebih sulit untuk naik dan kembali ke jantung.

Kemudian, kondisi apa pun yang memberi tekanan berlebihan pada kaki atau perut bisa menyebabkan varises. Beberapa kondisi yang biasanya menimbulkan tekanan meliputi:

Bertambahnya usia

Seiring bertambahnya usia, pembuluh darah Anda bisa kehilangan elastisitas dan akhirnya meregang. Biasanya ini terjadi ketika Anda berusia di atas 50 tahun

Katup di pembuluh darah mulai melemah, memungkinkan darah yang seharusnya menuju jantung untuk kembali.

Kehamilan

Ada banyak wanita yang mengeluhkan varises saat hamil. Faktanya, kehamilan meningkatkan volume darah di tubuh Anda, tetapi menurunkan aliran darah dari kaki ke pinggul.

Perubahan aliran darah ini dirancang untuk mendukung pertumbuhan janin di dalam rahim. Namun, efek sampingnya adalah pembuluh darah di kaki membengkak.

Varises bisa muncul pertama kali selama kehamilan, atau kehamilan bisa memperburuk varises yang sudah ada.

Baca:  Kaki Lumpuh Karena Minum Boba, Awas Ma!

Janin yang semakin membesar juga bisa memberi tekanan berlebihan pada pembuluh darah di kaki, yang bisa menyebabkan varises. Selain itu, perubahan hormonal saat hamil juga bisa menyebabkan varises.

Varises yang terjadi selama kehamilan umumnya membaik tanpa perawatan medis 3-12 bulan setelah melahirkan.

4 hal yang bisa memicu terjadinya varises

bahaya pembekuan darah

Faktor-faktor di bawah ini dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya varises.

1. Berdiri terlalu lama

Berdiri atau duduk terlalu lama bisa menjadi penyebab terjadinya varises. Darah Anda tidak akan mengalir jika Anda berada dalam posisi yang sama dalam waktu yang lama.

2. Jenis kelamin perempuan

Wanita lebih cenderung memiliki varises. Perubahan hormonal selama kehamilan dan menopause dapat menjadi faktor karena hormon wanita cenderung mengendurkan dinding pembuluh darah.

Selain itu, mengonsumsi pil KB juga dapat meningkatkan risiko terjadinya varises pada wanita.

3. Menjadi kelebihan berat badan atau obesitas

Kelebihan berat badan dapat memberi tekanan pada pembuluh darah Anda, meningkatkan risiko terkena varises.

4. Riwayat keluarga varises

Jika anggota keluarga lain memiliki varises, kemungkinan besar Anda juga akan mengalami varises.

Postingan Kenali Penyebab Varises, Benarkah Karena Berdiri Terlalu Lama? muncul pertama kali di Hello Sehat.