Bisakah Penetrasi Vagina Tanpa Merobek Selaput Dara?

Robeknya selaput dara sangat erat kaitannya dengan keperawanan seorang wanita. Oleh karena itu, beberapa wanita mungkin ingin terlihat perawan, meski telah melakukan hubungan seks. Bisa kah? Adakah cara penetrasi vagina tanpa merobek selaput dara?

Sekilas tentang selaput dara

Selaput dara atau selaput dara adalah jaringan kulit tipis yang mengelilingi dan melindungi lubang vagina selama perkembangan awal wanita. Setiap selaput dara memiliki bentuk yang berbeda-beda, ada yang tipis dan elastis, ada pula yang lebih tebal dan kurang elastis.

Selaput dara yang utuh biasanya memiliki lubang kecil yang memungkinkan darah menstruasi atau cairan lain mengalir.

Selaput dara dapat meregang atau robek akibat berbagai aktivitas seksual lainnya, seperti memasukkan jari atau mainan seks ke dalam vagina, dan aktivitas non-seksual seperti senam, menunggang kuda, atau aktivitas fisik lainnya.

sumber: Pusat Kesehatan Remaja Putri

Ada beberapa jenis selaput dara pada wanita yaitu:

1. Selaput dara imperforate

Membran ini bisa didiagnosis saat lahir. Umumnya, diagnosis dilakukan pada masa remaja. Selaput dara imperforate merupakan selaput tipis yang menutupi seluruhnya bukaan vagina, sehingga darah menstruasi tidak bisa mengalir keluar dari vagina.

Hal ini biasanya menyebabkan darah kembali ke vagina yang seringkali mengalami nyeri punggung. Beberapa remaja juga mungkin mengalami nyeri buang air besar dan kesulitan buang air kecil.

2. Selaput dara mikroperforata

Selaput dara mikroperforate adalah selaput tipis yang hampir menutupi seluruh lubang vagina wanita muda. Darah menstruasi biasanya bisa mengalir keluar dari vagina tetapi bukaannya sangat kecil.

Seorang remaja dengan selaput dara mikroperforate biasanya tidak akan dapat memasukkan tampon ke dalam vaginanya dan bahkan mungkin tidak menyadari bahwa dia memiliki lubang yang sangat kecil.

3. Selaput dara yang terpisah

Selaput dara yang terpisah adalah ketika selaput tipis selaput dara memiliki pita jaringan ekstra di tengah yang menyebabkan dua lubang vagina kecil, bukan satu. Remaja dengan selaput dara ini mungkin kesulitan memasukkan atau melepas tampon.

Baca:  Jodoh Tanpa Restu, Lanjut atau Bubar?

Adakah cara untuk berhubungan seks tanpa merobek selaput dara?

Jawabannya tentu saja tidak ada. Jika ingin melakukan hubungan seks atau melakukan penetrasi tentu ada resiko selaput dara robek. Risiko ini memang tidak bisa dihindari, meski memang dalam beberapa kasus selaput dara mungkin tetap utuh setelah berhubungan seks.

Saat melakukan penetrasi, selaput dara akan meregang untuk membantu jalannya penis. Anda bisa menjaga agar selaput dara tidak robek saat berhubungan seks jika tubuh Anda rileks dan memiliki lubrikasi yang baik. Namun, ini tidak mungkin terjadi. Ini karena selaput dara setiap wanita berbeda dalam bentuk, ketebalan, dan tekstur.

Selain itu, hubungan seks dengan robeknya selaput dara seringkali disertai dengan pendarahan dan nyeri. Namun, tidak semua wanita mengalaminya. Seks pertama kali tidak selalu menyebabkan perdarahan pada vagina.

Beberapa wanita yang mengalami pendarahan saat pertama kali berhubungan seks, karena struktur selaput dara yang dimiliki lebih tebal atau lebih tahan.

Selaput dara yang robek bisa ditutup kembali

Meskipun hubungan seks tanpa merobek selaput dara tidak bisa dihindari, selaput dara yang robek dapat ditarik kembali.

Ada dua prosedur khusus untuk membantu memperbaiki selaput dara yang robek. Berikut prosedurnya.

Operasi rekonstruksi hymenoplasty atau hymenoplasty

Prosedur ini dilakukan untuk merekatkan kembali selaput dara yang terletak di bibir vagina dengan menggunakan jahitan. Dokter akan menjahit kembali sisa jaringan selaput dara di vagina Anda.

Jahitan yang diterapkan adalah jenis jahitan yang bisa larut. Sehingga tidak akan terlihat dan tidak perlu diangkat setelah prosedur selesai.

Selaput dara buatan

Selaput dara buatan dapat dimasukkan ke dalam vagina, sehingga melepaskan pendarahan palsu saat penetrasi terjadi. Selaput dara buatan ini tidak beracun dan aman dipakai. Biasanya prosedur ini dilakukan bila lapisan selaput dara sudah tidak bisa lagi diperbaiki karena kerusakannya sangat parah.

Postingan Bisakah Penetrasi Vagina Tanpa Merobek Selaput Dara? muncul pertama kali di Hello Sehat.