Kenapa Bisa Sakit Kepala Setelah Cabut Gigi?

Apakah sakit kepala Anda tidak kunjung sembuh setelah beberapa hari dan kemudian mencabut gigi Anda? Ya, ada sebagian orang yang mengalami sakit kepala setelah mencabut gigi. Sakit kepala yang bisa dirasakan bisa bermacam-macam, dari yang ringan sampai yang tak tertahankan dan tidak kunjung sembuh. Sebenarnya kenapa sakit kepala setelah pencabutan gigi? Apa yang harus dilakukan jika mengalami kondisi ini? Temukan jawabannya di bawah ini.

Mengapa saya pusing setelah mencabut gigi?

Pada dasarnya tidak semua orang mengalami sakit kepala setelah mencabut gigi. Jika Anda mengalami hal ini, mungkin ada yang salah dengan Anda atau ada yang salah dengan Anda. Pasalnya, tindakan pencabutan gigi tidak akan serta-merta menyebabkan kepala menjadi pusing. Lantas apa penyebabnya?

1. Otot wajah tegang

Otot di sekitar mulut, leher, wajah, dan kepala adalah otot yang sama. Jadi, ketika satu bagian otot mengalami ketegangan, hal ini tentunya akan mempengaruhi otot lainnya bahkan hingga otot kepala. Terkadang, saat melakukan proses pencabutan gigi, otot-otot rahang dan mulut tanpa sadar mengencang.

Karena terlalu tegang maka akan menyebabkan kram. Ini kemudian mempengaruhi otot-otot kepala dan akhirnya sakit kepala terjadi setelah mencabut gigi. Selain sakit kepala, Anda mungkin juga merasakan sakit atau nyeri pada rahang.

Ketegangan ini juga bisa bertambah parah jika Anda takut mencabut gigi. Ketakutan ini bisa menyebabkan otot di sekitar mulut dan wajah menjadi tegang. Oleh karena itu, usahakan untuk memercayai dokter gigi Anda untuk melakukan prosedur ini dengan aman. Ingatkan diri Anda juga bahwa perlu mencabut gigi jika dokter Anda telah merekomendasikannya. Faktanya, jika Anda tidak melepasnya, Anda bisa mendapatkan masalah yang lebih menyakitkan.

Baca:  Mengenal Kepribadian Introvert Lebih Dalam

2. Gangguan saraf

Setelah mencabut gigi, Anda mungkin mengalami gangguan saraf. Biasanya gejala yang dialami berkisar dari sensasi mati rasa pada lidah, gusi, gigi, hingga sakit kepala. Kondisi ini bisa terjadi dalam beberapa hari atau minggu setelah pencabutan gigi.

Namun kondisi ini tergolong langka. Jika memang merasakan gejala atau tanda tersebut, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Apa yang harus saya lakukan jika sakit kepala setelah mencabut gigi?

Pada dasarnya sakit kepala yang Anda rasakan juga bisa disebabkan oleh kondisi lain, bukan hanya karena ada masalah pada gigi dan mulut Anda. Oleh karena itu, sebaiknya segera periksakan ke dokter, agar bisa dipastikan apa penyebab gejala tersebut.

Untuk mengatasi rasa sakit yang Anda rasakan, gunakan obat penghilang rasa sakit untuk sementara waktu, seperti parasetamol (acetaminophen) atau ibuprofen. Anda juga bisa memijat lembut area leher dan kepala untuk meredakan nyeri dengan cepat. Pijat bisa memperlancar aliran darah sehingga nyeri berkurang.

Jika memang sakit kepala tidak berhenti dan terus muncul, maka jangan tunda lagi konsultasi ke dokter.

Biasanya, jika sakit kepala disebabkan oleh suatu infeksi, dokter akan meresepkan antibiotik untuk mengatasi infeksi yang Anda alami.

Postingan Kenapa Bisa Sakit Kepala Setelah Cabut Gigi? muncul pertama kali di Hello Sehat.