Ma, Ketahui Manfaat Asam Amino untuk Kesehatan Anak

Ma, Ketahui Manfaat Asam Amino untuk Kesehatan Anak

Dalam menunjang tumbuh kembang si kecil yang optimal, penting bagi kami untuk memberikan asupan gizi yang baik. Nah, Bu, apalagi untuk proses pertumbuhan guna memperkuat daya tahan tubuh, protein punya peran yang sangat penting lho. Ketika berbicara tentang protein, asam amino adalah bagian terkecil dari struktur protein. Konon, protein dari makanan yang kita makan merupakan kumpulan dari beberapa asam amino. Sebagai bentuk protein yang paling sederhana, bentuk asam amino ini dapat diserap oleh tubuh dan menjalankan fungsinya dengan baik. Wah, manfaat asam amino penting juga ya, Ma.

Yuk, kenali kompleks yang satu ini. Agar tidak terlewatkan oleh Mama dalam upaya mewujudkan kesehatan si kecil yang optimal.

Manfaat Asam Amino untuk Kesehatan Anak

Manfaat asam amino

Ada beberapa macam asam amino. Beberapa di antaranya adalah asam amino kondisional, nonesensial, dan esensial. Namun, tubuh tidak bisa memproduksi asam amino esensial, Ma. Jadi alternatifnya, Anda perlu memberi si kecil makanan yang mengandung jenis asam amino ini.

Baca Juga: Manfaat Madu Semanggi untuk Kesehatan Anak

Seberapa pentingkah manfaat asam amino untuk kesehatan si kecil? Berikut manfaat asam amino untuk kesehatan ya Ma.

Membentuk Antibodi

Antibodi merupakan bahan kimia yang berperan dalam melawan mikroorganisme yang dianggap asing bagi tubuh. Antibodi tersebut akan membantu memperkuat daya tahan tubuh agar lebih kuat dari serangan penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau kuman. Asam amino yang terlibat dalam fungsi ini adalah histidin.

Memperbaiki Jaringan Tubuh Yang Rusak

Jaringan tubuh akan mengalami proses regenerasi jika dirusak oleh sesuatu. Untuk dapat membantu proses regenerasi, tubuh membutuhkan asam amino. Sehingga manfaat asam amino bagi tubuh sangatlah penting.

Meningkatkan Daya Ingat dan Stamina

Manfaat asam amino mampu meningkatkan daya ingat dan mencegah si kecil dari depresi. Daya ingat yang baik akan sangat mempengaruhi proses belajar si kecil. Selain itu asam amino juga dapat mendukung detoksifikasi amonia yang dilakukan oleh hati, sehingga tubuh lebih sehat dan memiliki stamina yang lebih kuat untuk melakukan berbagai aktivitas. Salah satu asam amino yang terlibat dalam fungsi ini adalah triptofan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Berdasarkan sebuah penelitian, senyawa ini diketahui dapat mendukung kesehatan jantung karena merupakan nutrisi penting bagi jantung dan beberapa jenis dipercaya dapat mengoptimalkan fungsi kardiovaskular.

Membentuk Neurotransmitter

Asam amino yang berperan adalah fenilalanin. Neurotransmitter adalah senyawa kimia yang bertanggung jawab untuk mengirimkan sinyal ke sel otak. Ada beberapa neurotransmitter yang dibentuk oleh asam amino, termasuk dopamin, serotonin, dan norepinefrin.

Menyeimbangkan Kerja Hormon dan Enzim

Asam amino yang berfungsi mengaktifkan hormon pertumbuhan adalah lisin, arganin, glisin, dan ornitin. Hormon pertumbuhan ini juga dapat meningkatkan massa otot, memperkuat tulang dan kolagen, serta membantu pembakaran lemak dan energi. Tak hanya itu, manfaat asam amino juga dikatakan bisa melepaskan insulin yang berfungsi menjaga kadar gula darah. Artinya risiko si kecil terkena diabetes lebih rendah.

Baca Juga: Mampap, Inilah Manfaat Biotin untuk Kesehatan

Menyeimbangkan Tingkat Cairan Tubuh

Kadar cairan dalam tubuh perlu dijaga agar tidak berdampak pada kesehatan dan mengganggu kerja organ tubuh.

Baca:  Update Covid-19 Sukoharjo: Positif Tembus 503 Kasus, 112 Aktif Berpotensi Menular

Memperkuat Rambut

Manfaat asam amino juga mampu menguatkan rambut agar terhindar dari kerontokan rambut. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Clinical and Experimental Dermatology, rambut rontok disebabkan oleh tubuh yang kekurangan asupan lisin dan zat besi. Lisin adalah sejenis asam amino. Jadi, untuk membuat rambut lebih kuat, tubuh harus mendapatkan asam amino yang cukup.

Banyak sekali manfaat asam amino bagi kesehatan. Jadi sayang kalau ini bukan urusan Mama dalam menyiapkan makanan untuk si kecil.

Sumber Makanan Asam Amino Esensial untuk Anak

Karena asam amino esensial tidak diproduksi oleh tubuh maka asupannya berasal dari luar yaitu dari makanan. Namun untuk bayi di bawah usia 6 bulan, asam amino bisa didapatkan dari ASI atau susu formula yang mengandung asam amino. Setelah usia 6 bulan, Anda harus mulai memilih makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizi Si Kecil.

Baca Juga: Wah, Manfaat Berenang Ternyata Membantu Penyembuhan Gangguan Jantung!

Berikut beberapa makanan yang mengandung asam amino esensial.

  • telur. Pada putih telur terdapat kandungan metionin yang cukup tinggi. Selain itu, putih telur juga mengandung jenis asam amino esensial lainnya, serta zat besi, fosfor, dan berbagai vitamin. Oleh karena itu, pemberian telur dalam menu makanan harian bayi sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhnya.
  • susu. Bersumber dari situs resmi Ikatan Dokter Indonesia (IDAI), susu merupakan sumber kalsium dan protein lengkap dengan 9 jenis asam amino esensial (9AAE). Selain itu, minuman tersebut mengandung protein tinggi, serta kaya vitamin dan kalsium. Protein yang Anda dapatkan dibutuhkan oleh otot Anda, sedangkan kalsium baik untuk pertumbuhan tulang si kecil.
  • Ikan. Selain kaya akan berbagai nutrisi di dalamnya, ikan juga mengandung asam amino esensial seperti metionin, histidin, isoleusin, treonin, dan lain-lain. Jadi jangan sampai ketinggalan makanan yang satu ini bu. Mama bisa memilihkan aneka ikan untuk si kecil.
  • Daging. Berdasarkan jurnal NCBI, daging sapi mengandung hampir semua jenis asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh, antara lain histidin, treonin, dan lisin. Oleh karena itu, menyediakan daging sapi dalam menu harian si kecil menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan.
  • Gila. Dilansir dari Healthline, kacang hijau mengandung asam amino esensial yang tinggi, seperti leusin, valin, lisin, dan masih banyak lagi.

Meski berbeda jenis, Anda tidak perlu pilih-pilih dan mengonsumsi protein berdasarkan jenisnya satu per satu. Selama Anda dapat memenuhi kebutuhan protein Anda setiap hari, maka kebutuhan asam amino esensial dan nonesensial Anda dapat terpenuhi dengan baik. Sehingga kita bisa merasakan manfaat asam amino untuk kesehatan anak.

Postingan Ma, Mengetahui Manfaat Asam Amino untuk Kesehatan Anak muncul pertama kali di Mamapapa.id.