Wajib Tahu Alat Kesehatan yang Harus Dimiliki di Rumah Saat Pandemi!

Wajib Tahu Alat Kesehatan yang Harus Dimiliki di Rumah Saat Pandemi!

Dalam pandemi seperti sekarang ini, Mampaps dan keluarganya diimbau untuk tinggal di rumah kecuali dalam keadaan mendesak. Karena itu, bila si kecil menunjukkan gejala penyakitnya, jangan langsung ke dokter. Klinik dan rumah sakit sudah ditetapkan sebagai cluster distribusi Covid-19, sehingga harus dihindari kecuali ada kondisi yang mendesak. Misalnya seperti keadaan darurat atau kondisi kesehatan yang memerlukan penanganan khusus. Di saat seperti ini, Mampaps harus memiliki beberapa alat kesehatan untuk membantu Mampaps menunjang kesehatan keluarga. Mampaps harus mengetahui peralatan kesehatan yang harus dimiliki di rumah saat terjadi pandemi. Mari kita baca selengkapnya berikut ini.

Pentingnya Memiliki Alat Kesehatan di Rumah

Saat kondisi kesehatan si kecil memburuk, Anda bisa memeriksakan Mampaps dan mengobatinya di rumah terlebih dahulu sebelum membawanya ke dokter. Dengan mengetahui kondisi tubuhnya yang sebenarnya, Bunda bisa mengetahui pola makan apa yang cocok untuknya. Secara tidak langsung, tindakan ini merupakan pengobatan pertama yang akan sangat membantu mencegah penyakit semakin parah.

Alat Kesehatan yang Harus Dimiliki Saat Pandemi

Pertolongan pertama

Cedera bisa menimpa siapa saja, termasuk si kecil saat bermain di rumah. Dengan memiliki alat kesehatan, Mampaps bisa memberikan pertolongan pertama padanya. Alat-alat yang harus ada di kotak P3K (Pertolongan Pertama Kecelakaan) adalah:

  • Perban, perban, kain kasa steril, perban elastis, kain kasa, dan kapas
  • Gunting untuk membantu memotong kain kasa atau selotip
  • Sarungtangan karet
  • Penjepit untuk mengambil benda kecil yang secara tidak sengaja masuk ke hidung atau telinga. Alat kesehatan ini juga bisa digunakan bila ada serpihan yang menempel di kulit si kecil.

Baca Juga: 6 Makanan untuk Kesehatan Mental

Alat kesehatan
sumber: hellosehat

Di kotak P3K, Mampaps juga bisa menyediakan berbagai obat pribadi untuk setiap anggota keluarga. Contohnya seperti:

  • obat batuk
  • obat diare
  • obat penghilang rasa sakit dan pereda demam
  • obat tetes mata
  • krim untuk kulit (gatal dan luka bakar)
  • minyak kayu putih
  • tambalan
  • krim pereda nyeri otot
  • anthisiamin untuk mengurangi reaksi alergi
  • antiseptik, seperti alkohol 70% dan povidone iodine

Termometer

Saat terjadi pandemi, termometer merupakan salah satu alat kesehatan yang wajib ada di rumah. Seperti yang kita ketahui, salah satu gejala Covid-19 adalah suhu tubuh yang berada di atas 37 derajat Celcius. Meski begitu, demam tidak selalu menandakan orang tersebut mengidap Covid-19, ya Bu.

Baca Juga: Mampap Tahu Manfaat Cek Kesehatan Rutin

Timbangan

Alat kesehatan ini mungkin terlihat sepele. Saat terjadi pandemi, penimbangan sangat diperlukan bagi keluarga. Pasalnya, kondisi keluarga yang berada di rumah terus menerus terkadang membuat mereka lebih sering mengonsumsi jajanan dibandingkan sebelum masa pandemi. Baik jajanan buatan Bu, maupun yang dibeli dari luar. Tanpa disadari, kebiasaan mengonsumsi jajanan juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan yang signifikan, terutama bagi orang yang jarang berolahraga saat terjadi pandemi. Tentunya hal ini cukup mengkhawatirkan bagi orang-orang yang berbadan besar kegemukan.

Tensimeter

Hampir setiap Mampaps memeriksakan diri ke dokter, hal pertama yang dilakukan tenaga medis adalah memeriksa tekanan darah menggunakan tensimeter. Ini karena kondisi tubuh pasien sering dipengaruhi oleh tekanan darah pasien. Dengan adanya tensimeter di rumah, Bunda bisa mengetahui penyebab gejala seperti pusing. Tidak hanya berguna saat Mampaps tidak fit, tensimeter juga penting untuk mengontrol tekanan darah. Saat membelinya jangan lupa pelajari cara pemakaiannya dengan benar agar hasil pemeriksaannya akurat ya Bu.

Baca:  Waspadai Kadar Protein Tinggi pada Ibu Hamil, Ma!

Inhaler dan Nebulizer

Jika anggota keluarga di rumah menderita asma, inhaler dan nebulizer harus tersedia di rumah. Alat kesehatan ini berfungsi mendistribusikan obat dengan cara dihirup.

Glukometer

Mampaps wajib menyediakan glukometer jika salah satu anggota keluarga memiliki riwayat diabetes atau masalah gula darah. Glukometre berfungsi untuk mengukur kadar gula darah. Dengan memiliki glukometer di rumah, Mampaps dapat mengontrol sendiri kadar gula darah sehingga tidak menimbulkan gejala pada tubuh. Alat ini berupa mesin kecil tanpa kabel yang dilengkapi dengan jarum steril untuk mengambil sampel darah. Glukometer juga dilengkapi dengan strip untuk mengambil sampel darah. Ukurannya yang kecil memudahkan Mampaps untuk menyimpannya.

Baca Juga: Mampap, Inilah Manfaat Biotin untuk Kesehatan

Nah itulah berbagai alat kesehatan yang wajib ada di rumah saat terjadi pandemi. Pastikan Mampaps paham betul cara penggunaannya agar hasil pengukuran alat tersebut akurat. Jangan sungkan untuk meminta kerabat yang berkecimpung di dunia medis untuk mempraktekkan cara menggunakannya.

Pos Yang Harus Diketahui Perangkat Medis yang Harus Dimiliki di Rumah Saat Pandemi! muncul pertama kali di Mamapapa.id.