Bank Jateng dan Perbarindo Jateng Tanda Tangani Kerja Sama Apex BPR

Bank Jateng dan Perbarindo Jateng Tanda Tangani Kerja Sama Apex BPR
Apex Bank Jawa Tengah

Solopos.com, SOLO – Bank Jateng selaku Bank Pengayom (Apex Bank) bekerjasama dengan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) DPD Jawa Tengah, bertempat di Coworking Space Lantai III Gedung Bank Jateng Solo, Rabu (10/3/2020).

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dilakukan oleh Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno dan Ketua DPD Dadi Sumarsana. Penandatanganan tersebut juga disaksikan oleh Anggota Komisi XI DPR RI, Musthofa.

Dalam sambutannya, Supriyatno berharap setelah penandatanganan akan tercipta program nyata yang dapat memberikan manfaat dan berkah bagi masyarakat.

“Peran BPD dan BPR harus sejalan, terutama untuk penetrasi pasar, karena keduanya memiliki peran yang sangat penting sebagai kapal dan penggerak perekonomian,” ucapnya.

Baca juga: Ada 120.000 Guru honorer Agama, Hanya 9.000 Lowongan PPPK

Menurutnya, ada agenda yang harus cepat diselesaikan. Pasalnya, selama ini dari sekian banyak BPR yang menjadi anggota Apex Bank Jateng, hanya sedikit BPR yang memanfaatkannya.

Dengan kerjasama ini, peran Bank Jawa Tengah sebagai Apex BPR benar-benar dapat dimanfaatkan sehingga dapat dirasakan oleh nasabah.

Aspek Pembangunan

Dalam kerja sama ini ditekankan pada beberapa aspek pembangunan, antara lain: Asisten Keuangan yang meliputi linkage program dan dana bergulir dari 90 BPR dengan nilai nominal Rp116,5 miliar.

Kemudian bantuan teknis yang meliputi digitalisasi dan kerjasama rumah ke rumahe dengan 12 BPR dan pada tahun 2021 seluruh anggota BPR, serta PPOB 35 BPR.

Baca Juga: Tingkatkan Pelayanan, 110 Pegawai Bandara Adi Soemarmo Vaksinasi

Ia mengatakan hingga saat ini jumlah anggota Apex Bank Jateng sebanyak 221 BPR di Jateng dan DIY sebanyak 53 BPR.

Sedangkan pooling of fund dari BPR-BPR tercatat Rp1,9 triliun per Februari 2021.

Baca:  Kaya Antioksidan dan Penuh Nutrisi, Inilah 5 Manfaat Peterseli

Dadi Sumarsana berterima kasih atas dukungan Bank Jateng kepada Perbarindo. Ia mengungkapkan sebenarnya terdapat dua bank di Jateng yaitu bank pemerintah yaitu Bank Jateng dan BPR sehingga sinergi yang baik antara keduanya yang saling mencintai dan menyayangi akan membangun pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Keberadaan Apex BPR bagi BPR melalui kerjasama keuangan dan bantuan teknis, dalam praktiknya memiliki prinsip saling menguntungkan.

Baca Juga: Dorongan Gibran Rakabuming Raka Menjadi Calon Ketua Umum KNPI Muncul

Dengan kerjasama ini diharapkan seluruh BPR yang menjadi anggotanya dapat bersama-sama mengalami kemajuan dan perkembangan yang signifikan.

Sementara Musthofa yang juga mantan Bupati Kudus akan mendukung kebijakan Bank Jateng dan Perbarindo. Ia juga akan menyampaikan aspirasi masyarakat khususnya anggota Senayan untuk kebaikan dan kesejahteraan masyarakat.

Postingan Bank Jateng dan Perbarindo Jateng Tandatangani Kerjasama Apex BPR muncul pertama kali di Solopos.com.