Bahasa Indian Navajo Dipakai untuk Nama Cluster Batu di Planet Mars

Bahasa Indian Navajo Dipakai untuk Nama Cluster Batu di Planet Mars
Ketekunan Rover

Solopos.com, JAKARTA – Bahasa asli Amerika Serikat (AS), Indian Navajo, kini punya hubungan lebih dekat dengan Planet Mars berkat Badan Antariksa NASA. NASA sedang dalam misi ekspedisi dengan Rover Perseverance sejak 18 Februari 2021. Penjelajah ini telah mengirimkan 7.000 gambar, menggunakan lengan robotiknya, peningkatan perangkat lunak, dan uji jalan.

Dilaporkan CBS dan tertulis Detikinet.comSeperti yang terlihat pada Senin (15/3/2021) Rover juga menemukan banyak batuan unik yang perlu diberi nama. Tim NASA setuju untuk menamai bebatuan dalam bahasa India Navajo bekerja sama dengan lembaga budaya Navajo Nation.

Para ilmuwan biasa menamai fitur geologi di suatu tempat agar lebih mudah diingat. Begitu juga nama-nama lokasi geologi di Mars.

Baca juga: Fitur Anti Pahat pada Sasis Bus Mercedes Benz OC 500 RF 2542

“Kami berharap penggunaan bahasa kami dalam misi Ketekunan akan menginspirasi anak muda Navajo untuk memahami pentingnya belajar bahasa Navajo. Dulu, bahasa ini digunakan untuk mengirim pesan selama Perang Dunia II, sekarang digunakan untuk membantu mempelajari Planet Mars, "kata Presiden Bangsa Navajo, Jonathan Nez. .

Hingga saat ini, sudah ada 50 nama untuk menamai daratan yang dieksplorasi rover tersebut. Beberapa dari nama ini antara lain: Tséwózí bee hazhmeezh (berguling seperti kerikil), Bidziil (kekuatan), Ho? nihil ?? (hormat), Ha & # 39; ahóni (ketekunan).

Salah satu insinyur di Jet Propulsion Laboratory NASA adalah Aaron Yazzie yang merupakan keturunan Indian Navajo. Dia menjabat sebagai supervisor untuk kolaborasi antara ilmuwan dan suku Indian Navajo.

Baca juga: Helm Polisi Dilengkapi Kamera, Siap Merekam Pelanggaran Lalu Lintas

"Mendarat di Mars adalah kesempatan untuk menginspirasi anak muda Navajo, tidak hanya melalui sains dan teknologi, tetapi juga melalui penggunaan bahasa kita dengan cara yang bermakna," kata Yazzie.

Baca:  Obat Paling Ampuh untuk Menghilangkan Cacing Kremi

Posting Bahasa India Navajo Digunakan untuk Memberi Nama Kelompok Batu di Mars muncul pertama kali di Solopos.com.