4 Pilihan Bahan Alami untuk Mengobati Infeksi Gusi

Infeksi gusi yang merusak jaringan lunak dan tulang penyangga gigi atau periodontitis, biasanya bisa menyebar ke bagian tulang gigi yang lain. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh peradangan pada gusi (radang gusi) yang tidak diobati secara tuntas. Selain itu, jika Anda malas menyikat gigi, hal ini bisa membuat penumpukan plak dan bakteri berkembang menjadi infeksi tersendiri yaitu infeksi gusi. Biasanya dokter akan memberikan antibiotik untuk mengatasi infeksi dan membunuh bakteri yang ada di sekitarnya. Namun, ada beberapa pengobatan infeksi gusi alami yang dapat membantu menyembuhkan gusi Anda. Apakah mereka?

Obat infeksi gusi yang bisa didapat dari bahan alami

1. Teh hijau

Teh hijau merupakan tanaman daun teh yang kaya akan antioksidan. Namun, penelitian dari Jepang yang diterbitkan dalam Journal of Periodontology menemukan bahwa teh hijau bisa menjadi obat alami infeksi gusi.

Teh hijau dapuk dapat memperbaiki kerusakan gigi, memperbaiki kantong gusi, dan mengurangi pendarahan pada gusi. Studi tersebut menyatakan bahwa minum atau mengonsumsi lebih banyak teh hijau murni dapat semakin membantu masalah gusi Anda.

2. Minyak kelapa dan garam Himalaya

Untuk mengurangi peradangan pada gusi, disarankan agar Anda berkumur atau mengolesi bagian gusi yang sakit dengan campuran minyak kelapa dan garam Himalaya (garam himalaya) yang berwarna merah muda. Pijat dan bilas mulut Anda selama 3-5 menit, lalu bilas mulut Anda dengan air bersih.

Minyak kelapa dan garam Himalaya sama-sama memiliki khasiat antimikroba dan antiradang yang baik untuk meredakan nyeri dan gejala infeksi yang sudah parah.

3. Lidah buaya

Peneliti dari India telah mempelajari kegunaan dan manfaat lidah buaya untuk kesehatan mulut. Dalam studi tersebut, partisipan diuji menggunakan pasta gigi, obat kumur, krim, jus, atau suplemen yang terbuat dari lidah buaya. Temuan menunjukkan bahwa mengoleskan gel lidah buaya ke gigi yang meradang, gusi, dan kantong gusi dapat bermanfaat untuk kedua gusi yang meradang. Anda bisa mencoba menggunakan 100 miligram gel lidah buaya per hari dan mengoleskannya ke gusi untuk mempercepat penyembuhan infeksi.

4. Bahan lain yang dapat membantu menyembuhkan infeksi gusi

Hidrogen peroksida merupakan salah satu obat antiseptik ringan yang dijual di toko obat. Antiseptik ini juga dapat membantu membunuh bakteri jika digunakan sebagai obat kumur atau gel topikal. Penggunaan obat ini hanya untuk pemakaian luar, yang tidak boleh tertelan.

Kumur air garam jjuga bisa menjadi obat alternatif untuk infeksi gusi yang cukup mudah didapat dan dilakukan. Air garam hangat dapat mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab nyeri gusi. Namun jangan terlalu sering menggunakannya, karena bisa merusak gigi.

Soda kue dan air Bisa jadi kombinasi bahan yang salah digunakan untuk membantu meredakan gejala radang gusi. Keduanya bisa menetralkan asam yang bisa menyebabkan penyakit gusi.

Postingan 4 Pilihan Bahan Alami untuk Mengobati Infeksi Gusi muncul pertama kali di Hello Sehat.

Baca:  Beragam Cara Jitu untuk Menghilangkan Karang Gigi