Ini Peran Terduga Teroris Yang Ditangkap di Jakarta dan Bekasi

Ini Peran Terduga Teroris Yang Ditangkap di Jakarta dan Bekasi
Peran seorang tersangka teroris

Solopos.com, JAKARTA – Polisi menangkap empat terduga teroris di Jakarta dan Kabupaten Bekasi Senin (29/3/2021). Padahal, mereka memiliki peran masing-masing. Perannya berkisar dari membuat bahan peledak hingga mengatur pertemuan.

Keempat terduga teroris tersebut ditangkap di Desa Sukasari, Kecamatan Serangbaru, Kabupaten Bekasi dan di Condet, Jakarta Timur. Kapolda Metro Jaya Irjen Fadli Imran mengatakan penangkapan ini merupakan tindak lanjut arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dimulai dengan bom di Gereja Katedral Makassar. Kapolri memerintahkan jajarannya untuk meningkatkan kewaspadaan akan bahaya dan ancaman teror, kata Fadil dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Senin (29/3). .

Baca juga: Pasca Bom Bunuh Diri Makassar, Densus 88 Tangkap 13 Tersangka Teroris

Fadil kemudian menjelaskan identitas dan peran masing-masing terduga teroris. Berikut penjelasannya:

1. ZA, 37.

“Perannya sebagai tersangka teroris adalah membeli bahan baku dan bahan peledak seperti aseton, HCl, termometer, dan bubuk aluminium. Selain menginformasikan kepada BS bersaudara cara membuat dan meracik cairan yang sudah disiapkan,” kata Fadil.

2. BS, 43.

Peran BS adalah mengetahui cara membuat bahan peledak dan cara membuat bahan peledak. Lebih lanjut, Fadil menyebut pelaku menggunakan istilah 'takjil'. sehubungan dengan bahan peledak.

“Ceritakan kepada NAJ tentang 'takjil'. Kemudian mereka menyebutnya takjil, setelah dicampur akan menghasilkan bom besar,” katanya.

Baca Juga: Aktor Bom Bunuh Diri 26 Tahun, Baru Menikah 7 Bulan, Ini Wajahnya

Peran penting

3. NAJ, 46.

“Peran tersangka teroris NAJ adalah untuk mencari dan membantu ZA membuat bahan peledak. Selain itu, bersama BS, mereka mengikuti beberapa pertemuan sebagai persiapan untuk melakukan teror dengan menggunakan bahan peledak,” jelas Fadil.

4. HH, 56.

Baca:  Ketahui Berbagai Kemungkinan Penyebab Benjolan di Penis

Tersangka teroris keempat adalah KK yang ditangkap di Condet, Jakarta Timur. Bahkan Fadil menyebut tersangka teroris KK memiliki peran penting.

“Ini memiliki peran penting dalam kelompok ini. Dialah yang merencanakan, mengatur kerja taktis dan teknis dengan ZA. Selain itu, ia menghadiri beberapa pertemuan untuk mempersiapkan kegiatan amaliyah tersebut. Kemudian juga membiayai dan mengirimkan video teknis pembuatannya ke tersangka lainnya, "kata Fadil dilansir Detik.com.

Postingan Peran Tersangka Teroris yang Ditangkap di Jakarta dan Bekasi muncul pertama kali di Solopos.com.