Ketahui Kelemahan Pasangan dalam Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Ketahui Kelemahan Pasangan dalam Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Setelah menikah, keuangan rumah tangga memang harus dikelola dengan baik, loh Mampaps. Kalau sendirian, Mampaps bisa saja mengeluarkan uang untuk membeli kebutuhan pribadi, tapi setelah menikah keadaan akan berbeda. Karena setelah menikah Mampaps tidak hanya memikirkan dirinya sendiri, tetapi juga memikirkan tentang pasangan, anak dan beberapa kebutuhan rumah tangga.

Seringkali satu dari tiga pasangan mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan dalam rumah tangga, bahkan keuangan dapat menjadi konflik dalam rumah tangga jika tidak dikelola dengan baik. Mengelola keuangan rumah tangga bisa dikatakan sulit atau bahkan gampang ya Mampaps tentunya ada penyebabnya jika kamu kewalahan dan bingung mengelolanya.

Baca Juga: Gaji Kecil? Berikut Tips Mengelola Keuangan Saat Pandemi Ma!

Mari kita kaji bersama apa saja penyebab dan kelemahan masing-masing pasangan yang kesulitan mengelola keuangan dalam rumah tangga berikut ini:

Penyebab Keuangan Rumah Tangga Tidak Dikelola Dengan Baik

Siapakah Mampaps yang merasa bingung dan stres sendiri di tengah bulan, karena keuangan rumah tangga sedang menipis? Padahal jika dilihat dan dihitung, penghasilan sebulan bisa lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan selama sebulan. Wah, mungkin ini terjadi karena Mampaps tidak bisa mengelola keuangan rumah tangga dengan baik. Yuk, cari tahu penyebabnya:

Komunikasi yang buruk

Alasan utama mengapa keuangan rumah tangga tidak terkelola dengan baik adalah adanya komunikasi Mampaps mengenai keuangan. Jika komunikasi buruk membicarakan keuangan, tentunya hal ini akan membuat Mampaps merasa kekurangan pendapatan setiap bulannya. Apalagi jika Mampaps mempunyai ide yang saling bertentangan atau tidak mau ikut berdiskusi untuk mengatur keuangan, tentunya ini bisa jadi masalah yang berat!

Jika Mampaps merasa komunikasi dengan pasangannya buruk dalam mengatur keuangan rumah tangga, maka perlahan mulai perbaiki. Bicaralah dengan baik dimulai dengan merancang keuangan untuk memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari, menyisihkan uang untuk tabungan masa depan dan lain-lain. Ingat Mampaps! Besar kecilnya pendapatan, akan dikelola dengan baik jika komunikasi Mampaps berjalan dengan baik.

Jangan Buat Anggaran Bulanan

Lebih jauh, mengapa keuangan tidak dikelola dengan baik bukanlah membuat anggaran bulanan. Ini sangat penting untuk dilakukan oleh Mampaps! Mengapa? Dengan membuat anggaran bulanan, kita akan tahu kebutuhan apa saja yang harus kita keluarkan setiap bulan. Sebagian besar Mampap tidak memperdulikan hal ini, sehingga banyak dana yang hilang karena tidak dikelola dengan baik.

Nah, solusinya mulai bulan ini adalah dengan membuat anggaran bulanan yang harus Anda keluarkan. Misalnya membayar rumah kontrakan, mencicil sepeda motor atau mobil, kebutuhan makan sehari-hari dikalikan sebulan, dan pengeluaran lainnya. Dengan dibuatnya anggaran bulanan ini, Mampaps juga bisa menahan diri untuk tidak membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Hal ini tentunya dilakukan untuk keharmonisan rumah tangga dan kesehatan keuangan dalam mengelola keuangan rumah tangga.

Kurang terbuka dengan pasangan

Kerusakan rumah tangga dapat terjadi karena Mampaps tidak terbuka atau jujur ​​kepada pasangannya, apalagi dengan keuangan rumah tangga. Dikutip dari theAsianparent Indonesia, ternyata 2 dari 5 orang mengaku menyembunyikan topik keuangan dari pasangannya, menurut survei yang dirilis National Endowment for Financial Education yang kedepannya akan berdampak pada pernikahan mereka.

Baca:  Ingatkah Chrissy Teigen Alami Komplikasi Hingga Keguguran? Ketahui Ma!

Mampaps tentunya tidak mau ini terjadi kan? Begitu, mulai sekarang usahakan terbuka dan jujur ​​tentang keuangan Mampaps untuk mengelola keuangan rumah tangga dengan baik. Dimulai dengan membicarakan pendapatan tiap bulan, kebutuhan yang harus dikeluarkan setiap bulan, bahkan utang yang harus dibayar setiap bulan. Jangan sembunyikan apa pun!

Baca Juga: Tips Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Kelemahan Pasangan Dalam Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Setelah mengetahui apa saja penyebab keuangan tidak dikelola dengan baik, kita juga harus memahami apa saja kelemahan dalam mengelola keuangan rumah tangga. Berikut ini adalah Review yang bisa di Mampaps, simak:

Tidak peduli dengan karir

Banyak pasangan yang tidak memprioritaskan karirnya setelah menikah, padahal ini sangat penting lho Mampaps! Karena jenjang karir akan menambah pendapatan dalam merencanakan keuangan rumah tangga.

Untuk itu, sangat penting bagi Mampaps untuk membuat rencana karir untuk lima tahun ke depan. Misalnya dalam 5 tahun ke depan Mampaps telah membangun rumah idaman, memiliki kendaraan yang layak atau memiliki usaha yang bagus. Dengan merencanakan karir tentunya akan ada upaya-upaya yang akan dilakukan Mampaps untuk mewujudkannya.

Tidak Berencana Menabung

Alih-alih menabung, penghasilan sebulan tidak cukup untuk hidup bulan depan! Siapa yang memiliki pemikiran yang sama dengan kata-kata itu? Kebanyakan Mampaps merasa seperti ini, jadi mereka tidak peduli menabung untuk masa depan atau kebutuhan lainnya.

Nah, seberapa besar pun opini bulanan yang kita dapatkan setiap bulannya, tentu kita akan bisa menyisihkannya untuk merencanakan tabungan! Dengan apa? Dengan membuat anggaran bulanan yang sudah dikatakan sebelumnya, Mampaps bisa menyisihkan uang untuk menabung meski sedikit setiap bulannya. Ayo, coba!

Punya banyak hutang

Beberapa pasangan terkadang terlena untuk membeli sesuatu dengan berhutang tanpa terlebih dahulu menghitung pendapatan bulanan mereka. Akibatnya, hutang mungkin tidak bisa dilunasi bahkan lebih tertunggak. Ingat! Jangan pernah memaksa untuk mendapatkan sesuatu jika tidak mungkin dilakukan dengan hutang.

Baca Juga: Selamat! Ini pertanda keuangan rumah tangga stabil saat terjadi pandemi

Tidak punya dana untuk kesehatan

Tidak ada yang tahu bagaimana kehidupan kita besok, apakah masih sehat atau mengalami hal lain? Beberapa pasangan bahkan tidak mempunyai atau merencanakan dana untuk kesehatan, padahal hal ini sangat penting dalam melakukan perencanaan keuangan rumah tangga. Begitu, mulailah menyisihkan dana untuk kesehatan setiap bulan ya Mampaps agar bisa digunakan saat hal yang tidak diinginkan terjadi.

Bagaimana Mampaps? Siap mengelola keuangan rumah tangga dengan baik mulai hari ini untuk masa depan keuangan yang lebih cerah? Ayo kita lakukan perubahan perlahan mulai saat ini agar rumah tangga selalu harmonis dalam urusan keuangan.

Pos Mengenal Pasangan & # 39; Kelemahan Mengelola Keuangan Rumah Tangga muncul pertama kali di Mamapapa.id.